SMM Yogyakarta Pengisi Acara Utama 02SN XI 2018

Loading...

YOGYAKARTA (suarasiber) – Yogyakarta menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN) XI 2018, 16 sampai 22 September. Dalam kegiatan yang dibuka Mendikbud RI, Prof Dr Muhajir Effendy MAP ini siswa SMKN 2 Kasihan, Bantul, (SMM) Yogyakarta menjadi pengisi acara utama.

Mereka tampil pada opening ceremony dengan sejumlah lagu. Antara lain Film Favorit, Pemuda, Manusia Kuat, Jadilah Legenda, Meraih Bintang. Bahkan di lagu terakhir, Gemu Famire yang merupakan lagu daerah Maumere, Menteri dan pejabat yang hadir termasuk Kepala SMKN 2 Kasihan, Bantul, Agus Suranto SPd MSn turut berjoget.

Keceriaan siswa SMM Yogyakarta usai menampilkan sejumlah lagu dalam pembukaan O2SN XI 2018 di Yogyakarta. F-smm

Semua lagu tersebut diaransmen oleh Turino SPd MSn yg sekaligus bertindak sebagai konduktor.

“Ada 103 pemain orkes dan 33 vokalis yang kami turunkan,” ujar seorang pengajar SMM Yogyakarta, Esti Joharini, belum lama ini.

Bermain lepas dan penuh semangat di atas panggung Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), penampilan siswa SMM membuat suasana semarak.

O2SN sendiri merupakan suatu wahana bagi peserta didik untuk mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter melalui pembinaan kegiatan olah raga yang dilakukan secara bertahap dan berjenjang.

Kegiatan O2SN juga merupakan wahana pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga, serta penumbuhan nilai-nilai pendidikan karakter melalui kedispilinan, kreativitas, daya juang, jujur, sportif, kompetitif, solidaritas, dan bertanggung jawab.

Peserta O2SN meliputi siswa dari jenjang SD, SMP, SMA , SMK, dan Siswa Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK). O2SN Tahun 2018 Tingkat Nasional di Yogyakarta diikuti 1.393. Berbagai cabang lomba diselenggarakan oleh panitia di berbagi venue (lokasi lomba).

Hasil lomba, lima besar ialah Provinsi Bali berhasil meraih juara umum dengan perolehan 17 emas, empat perak dan 11 perunggu. Disusul Jawa Tengah dengan 16 emas, tujuh perak, sembilan perunggu, kemudian Jawa Timur dengan 14 emas, 15 perak, 15 perunggu. DIY berada di urutan kelima dengan 11 emas, 10 perak dan 19 perunggu.

Penutupan O2SN 2018 ditutup secara resmi oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Jumat (21/09/2018) bertempat di Gedung Olahraga Among Rogo Yogyakarta.

Muhammad Farand Ilalang
Siswa SMM Yogyakarta, Kelas X
Editor: Nurali Mahmudi

Lihat penampilan siswa SMM di bawah ini:

Video: Dokumentasi SMM Yogyakarta

Loading...