Bupati Bintan Sebut Olahan Pangan Lokal Punya Potensi Untuk Mendunia

Loading...

Suarasiber.com – Pemerintah Kabupaten Bintan terus mengembangkan berbagai inisiatif untuk memajukan sektor pertanian dan pangan lokal. Melalui acara Pelatihan Produk Pengolahan Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Toapaya, Rabu (08/05), Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan rasa optimisnya terhadap kemajuan pertanian di Bintan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan membuka Pelatihan Produk Pengolahan Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Toapaya, Rabu (08/05). Foto – diskominfo bintan

Bintan sendiri dikenal memiliki sumber pangan lokal yang beragam, seperti ubi kayu, jagung, ubi jalar, sukun, sorgum dan jenis pangan lokal lainnya.

Bupati Bintan menyerahkan bantuan kepada warga yang terlibat aktif untuk kemajuan pertanian di bintan. Foto – diskominfo bintan

Upaya peningkatan produksi dilakukan melalui program intensifikasi pertanian dan ekstensifikasi dengan dukungan dari APBD dan APBN.

Ketua PKK Bintan Hafizha Rahmadhani juga turut menyerahkan bantuan kepada para petani. Foto – diskominfo bintan

Salah satu langkah konkrit yang dilakukan adalah pendaftaran 5 varietas lokal ubi kayu ke Kementerian Pertanian. Varian tersebut yakni Sapat Hitam Gemilang, Sapat Putih Gemilang, Monggo, Bintani, dan Jantung Bintani.

Ketua PKK Bintan Hafizha Rahmadhani juga turut menyerahkan bantuan kepada para petani. Foto – diskominfo bintan

Bintan sebagai sentra produksi pertanian di Provinsi Kepulauan Riau, memiliki peran strategis dalam mendukung ketahanan pangan daerah.

Ketua PKK Bintan Hafizha Rahmadhani juga turut menyerahkan bantuan kepada para petani. Foto – diskominfo bintan

“Jadi Bapak Ibu, semua potensi dan peluang yang kita punya, kita kembangkan semaksimal mungkin. Kita punya modal itu, tinggal bagaimana kita mengelola dan mengembangkan,” kata Roby.

Roby mengingatkan bahwa Bintan merupakan salah satu primadona pariwisata yang ada di Indonesia. Foto – diskominfo bintan

Dalam acara tersebut, Pemerintah memberikan bantuan pengembangan pertanian tahap pertama, termasuk pembangunan screenhouse modern untuk pengembangan hortikultura buah dan sayuran, rehabilitasi jaringan irigasi, pemeliharaan jalan usaha tani, bantuan hibah pekarangan lestari serta revitalisasi hidroponik.

Bupati Bintan menyalami petani yang hadir pada kegiatan dengan ramah dan penuh keakraban. Foto – diskominfo bintan

Tujuan dari bantuan ini agar para penerima bantuan dapat memanfaatkannya secara maksimal dan menjadi petani yang mandiri.

Bupati Bintan Roby Kurniawan, Ketua PKK Bintan Hafizha Rahmadhani bersama narasumber. Foto – diskominfo bintan

“Kita ingin melihat petani kita mandiri dan sukses membawa kemajuan perekonomian yang maksimal” tambah Roby.

Semuanya hadir dengan semangat memberikan yang terbaik untuk pertanian Bintan. Foto – diskominfo bintan

Roby kemudian mengingatkan bahwa Bintan merupakan salah satu primadona pariwisata yang ada di Indonesia. Hal ini tentu dapat ditangkap sebagai pasar yang potensial bagi pemasaran produk pangan lokal.

Peserta pelatihan mendengarkan pemaparan narasumber dengan sungguh sungguh. Foto – diskominfo bintan

Dengan olahan yang higenis, cita rasa yang khas, kemasan vacuum dan kekinian, bukan hal mustahil produk olahan pangan yang ada di Bintan akan semakin dikenal masyarakat luar bahkan internasional. Yang kemudian turut mengembangkan cakupan pemasaran produk dalam Daerah.

Peserta pelatihan bergambar bersama. Foto – diskominfo bintan

Tak lupa, apresiasi disampaikan kepada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Peternakan, dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepulauan Riau serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bintan atas pembagian bibit cabe gratis.

Peserta pelatihan bergambar bersama. Foto – diskominfo bintan

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat ketahanan pangan keluarga dan turut menekan angka inflasi di Kabupaten Bintan serta Provinsi Kepulauan Riau secara keseluruhan. (***)

Loading...