PGN Targetkan Bangun 250 Ribu Jaringan Gas Rumah Tangga di Batam

Loading...

Suarasiber.com – Pemerintah pusat menargetkan pembangunan 250 ribu sambungan jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga di Kota Batam dalam waktu empat tahun ke depan.

Untuk tahun 2024 ini, PT. Pertamina Gas Negara Tbnk (PGN) area Batam menargetkan pemasangan 20 ribu jaringan gas baru.

Kegiatan ini dijadwalkan akan dimulai Juni 2024 dan pemasangannya akan dilakukan November 2024.

“Untuk di Indonesia khususnya area Sumatera ini, pusat menetapkan Batam dan Palembang sebagai percontohan jargas nasional.

Mengingat, sebagai sebuah Kota berbentuk kepulauan, Batam sangat ideal dan dinilai sangat mampu.

Dan terbilang mudah untuk mengembangkan jaringan gas perumahan dibandingkan Kota-kota lainnya di Indonesia,” kata Wendi Purwanto, Area Head PGN Batam saat ditemui di sela buka puasa bersama di Yello Hotel Harbourbay Batam, Rabu (27/3/2024).

Wendi, panggilan akrabnya, menambahkan untuk pengembangan total target 250 ribu pelanggan ini akan dilakukan secara bertahap di wilayah Batam.

“Sekarang ini masih dibatasi jaringan Batam Center, Batu Aji dan Sagulung (untuk target 20 ribu,red). Namun, di saat bersamaan kami memasang jaringan baru di seluruh kota Batam.

Sehingga total targetnya 250 ribu pelanggan bisa selesai secara bertahap dalam empat tahun. Dengan rincian 20 ribu (2024), 80 ribu (2025) dan 75 ribu untuk di tahun 2026 dan 2027,” jelasnya.

Wendi menjelaskan masyarakat Batam yang ingin memasang jargas ini biasanya dilakukan secara kolektif dan berdasarkan rekomendasi dari RT/RW.

Yang memang telah mendaftar jauh-jauh sebelum pemasangan dilakukan. Dengan persyaratan KTP dan tentunya mengisi form.

“Salah satu keuntungan jargas oleh masyarakat selain lebih murah dari LPG, juga lebih irit dan lebih aman,” tutupnya. (***/man)

Editor Yusfreyendi

Loading...