Hasil Rapid Test Pasien Covid-19 di Tanjungpinang Bertambah 6 Orang, di Batam Tambah 2 Orang

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Jumlah warga Provinsi Kepri yang terjangkit virus corona (covid-19) bertambah 8 orang, Minggu (29/3/2020). Penambahan itu di Kota Tanjungpinang ada 6 orang dan di Kota Batam ada 2 orang.

Mereka diketahui positif covid-19 dari hasil rapid test, yang dilakukan terhadap mereka. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana menjawab suarasiber.com.

“Iya, ada 6 di Tanjungpinang dan 2 di Batam,” kata Tjetjep.

Enam orang di Tanjungpinang itu, termasuk dalam rombongan yang melaksanakan kegiatan di Malaysia (tabligh akbar di Petaling) atau yang terkait dengan Nz. Dan, salah seorang di antaranya adalah PNS di Pemko Tanjungpinang.

“Tak usah disebut namanya atau dinasnya. Tak etis,” ujar Tjetjep.

Dengan penambahan ini, maka jumlah pasien yang terjangkit covid-19 di Kota Tanjungpinang menjadi 8 orang.

“Seluruh hasil rapid test akan diperiksa kembali swabnya dan akan diperiksa dengan PCR. Namun, bagaimanapun kami harus memberitahukannya kepada publik. Sebagai bentuk kesiapan kami memberikan informasi secara terbuka kepada publik,” jelas Tjetjep.

Tjetjep menegaskan, hasil rapid test sangat besar manfaatnya. Karena, akan mampu secara cepat melakukan langkah-langkah peanggulangan dan rantai penularan segera terputus.

“Tingkat sensitifitas rapid test ini sekitar 90 persen,” tegasnya.

Keterangan berbeda disampaikan Kadiskes Kota Tanjungpinang Rustam. Menurut Rustam, hasil rapid test reaktif bukan berarti positif corona.

Jadi, kesimpulan Rustam, jumlah pasien covid-19 di Kota Tanjungpinang masih tetap 2 orang. Walau begitu, untuk lima dari enam orang sudah dikarantina terpusat di Rumah Singgah RSUD RAT sejak, Minggu (29/3/2020) siang. (mat) 

Loading...