Diskominfo Kepri dan Organisasi Wartawan Sepakat Jaga Pemilu Kondusif

Loading...

Suarasiber.com – Humas dan media massa memegang peranan penting dalam menjaga kondusifitas pesta demokrasi Pemilu 2024 yang akan berlangsung dua hari lagi.

Diskominfo Kepri dalam upaya membangun kondusifitas untuk penyelenggaraan Pemilu 2024, menggelar dialog antara humas pemerintah dan media massa di rumah makan Sarbana Kampung Bulang, Tanjungpinang, Senin (12/2).

Dalam dialog bertajuk Pemilu Damai “Sinergitas Humas Bersama Media Menjaga Kepri, Terwujudnya Pemilu Damai, Aman dan Sukses di Provinsi Kepulauan Riau”, Diskominfo Kepri mengundang seluruh organisasi media dan wartawan,  humas dari seluruh Pemerintah kabuoaten/kota serta humas Forkopimda.

Acara ini diselenggarakan dalam rangka hari tenang menjelang Pemilu di 14 Februari 2024 (lusa) serta dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional tahun 2024.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepri Hasan S.Sos., dalam dialog tersebut menyebutkan Pemilu Serentak tahun 2024 adalah pesta demokrasi sekaligus ajang pendidikan politik untuk masyarakat.

Untuk itu, menurut Hasan sangat penting bagi humas pemerintah dan media massa untuk menyampaikan informasi yang berimbang dan akuntabel untuk masyarakat.

“Kondusifitas pesta demokrasi di Kepri harus terus kita jaga, kami harapkan seluruh media massa dan humas pemerintah bisa membantu menyebarkan informasi dengan azas profesionalisme dan sesuai kode etik,” kata Hasan.

Hasan juga menyebutkan jika sinergitas antara humas pemerintah dan media massa harus terus ditingkatkan. Hal ini perlu dilakukan guna mengantisipasi penyebaran berita bohong atau ujaran kebencian yang berpotensi muncul ketika pemilu.

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan unsur Polda Kepri siap menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat dalam Pemilu 2024.

Melalui Operasi Mantap Brata Seligi 2024, Polda Kepulauan Riau telah menggerakkan lebih dari 1.233 personil gabungan dari Polres dan Polresta untuk mendukung pengamanan TPS di seluruh jajaran wilayah Polda Kepri.

Senada dengan Kadiskominfo Kepri, Kombes Pol Pandra mengharapkan humas pemerintah dan media massa bisa menjalin kerjasama yang baik untuk memastikan masyarakat mendapatkan informasi yang tepat, cepat, dan akurat.

“Pers adalah salah satu pilar demokrasi, sangat penting peranan pers dalam memastikan pesta demokrasi ini berjalan lancar,” ujarnya.

Dialog tersebut pun diakhiri dengan sesi tanya jawab antara perwakilan media massa yang hadir dengan jajaran humas pemerintah untuk meningkatkan kesepahaman antar unsur pers.

Tampak hadir dalan kesempatan ini Danlanud RHF Tanjungpinang Kolonel Pnb Andi Nur Abadi, Komisioner Komisi Informasi Daerah Kepri Jauhari, dan humas dari KPU, Bawaslu, Pengadilan Tinggi Kepulauan Riau, Koarmada I, Korem 033/WP serta beberapa perwakilan dari para pegiat humas dari instansi lainnya.
Selain itu, hadir juga sejumlah organisasi wartawan dan media seperti PWI, AJI, AMSI, SMSI, JMSI, IWO serta sejumlah pemilik media. (jlu/rls)

Loading...