Disiplinkan Kehadiran Pegawai, Pemprov Kepri Gunakan Teknologi Presensi Buatan Sendiri

Loading...

Suarasiber.com – Berbagai sistem dikembangkan untuk melakukan presensi atau kehadiran seseorang di suatu tempat. Namun Pemprov Kepri memiliki sistemyang dibangun sendiri berupa aplikasi online.

Aplikasi tersebit diberi nama Sistem Informasi Aktivitas Presensi (SIAP). Dikembangkan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Riau.

Saat menerima kunjungan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpinang yang dipimpin Ruli Friady, Kepala Dinas Kominfo Kepri Hasan menjelaskan soal SIAP tadi.

Aplikasi SIAP Kepri merupakan aplikasi yang digunakan pegawai Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk melakukan presensi.

“Presensi melalui aplikasi SIAP dilakukan pegawai menggunakan gawai di kantor OPD masing-masing,” terang Hasan, Rabu (6/4/2022).

Pegawai wajib melakukan swafoto saat melakukan presensi SIAP.

Hasan menyebutkan aplikasi SIAP Kepri merupakan upaya Pemprov Kepri untuk memastikan pegawai yang bekerja di Pemprov Kepri selalu disiplin dalam melakukan absensi sehari-hari di hari kerja.

“Dengan sistem yang berbasis aplikasi dan online, maka presensi para pegawai bisa kita pantau langsung dan hasilnya akurat. Ini meningkatkan kedisiplinan pegawai secara signifikan,” ujar Hasan.

Hasan juga mengatakan, pihaknya siap dan bersedia memberikan bantuan teknis pengembangan aplikasi SIAP kepada Pemkab dan Pemkot di Kepri yang ingin menggunakannya. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...