Ajak Warga Kepri Pindah ke TV Digital, Hasan: Jangan Nanti Ribut Ketika Siaran Dihentikan

Loading...

Suarasiber.com – Kepala Dinas Kominfo Pemprov Kepri, Hasan mengingatkan sekaligus mengajak warga Kepri untuk segera beralih dari TV analog yang selama ini dipakai ke TV digital.

“Jangan nanti ribut karena siaran dihentikan pemerintah pusat. Sebelum itu terjadi, marilah beralih ke TV digital,” tegas Hasan saat sosialisasi di Gedung LAM, Batam, Kamis (8/4/2022).

Ajakan tersebut ditujukan untuk masyarakat Batam, Tanjungpinang, Bintan dan Karimun. Sebab, pada 30 April 2022, siaran TV analog di empat daerah tersebut akan dihentikan.

Dengan demikian, lanjutnya, masyarakat tidak bisa lagi menonton siaran-siaran yang selama ini mereka saksikan seperti sinetron maupun ceramah agama atau siaran lainnya. Kecuali beralih ke TV digital.

Kelebihan TV digital, sebut Hasan, selain hasil siarannya jernih, tajam dan canggih, juga sangat hemat karena tanpa membayar iuran bulanan alias gratis.

Khusus untuk masyarakat kurang mampu, pemerintah pusat akan memberikan alat khusus untuk mendapatkan siaran TV Digital tersebut. Alat  itu disebut Set Top Box (STB).

Kriteria masyarakat kurang mampu yang akan menerima STB secara gratis sudah ditentukan pemerintah pusat dengan  mengacu kepada ketentuan Kementerian Sosial.

Sosialisasi juga menghadirkan Staf Khusus Menkominfo Rosarita Niken Widiastuti dan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kepri Henky Mohari.

Henky mengatakan kesiapan penyiaran lokal di Kepri, pihaknya sudah mulai sosialisasi pada 2018 silam. Menurutnya, televisi lokal di Kepri siap dengan migrasi dari TV analog ke digital ini. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...