Pegon Didigitalkan, Bisa Diunduh di Smartphone

Loading...

Rumah Kitab

Direktorat pesantren Kemenag RI juga menggagas dan mewujudkan mimpi digitalisasi kitab kuning yang diajarkan di pesantren, melalui aplikasi rumah kitab. Para santri yang biasa memegang kitab kuning dalam bentuk fisik, kini sudah tersedia dalam bentuk soft file yang bisa diakses melalui smart phone, laptop maupun tablet. Dengan adanya aplikasi ini, kitab kuning makin praktis dan mudah dibawa dan dibaca di mana saja.

Di dalam rumah kitab, telah dipilah dan disistematisasi kitab-kitab kuning yang digunakan oleh para santri sesuai dengan tingkatannya. Sistematisasi ini telah disesuaikan dengan kurikulum pada pendidikan diniyah dan pesantren di bawah Kemenag RI. Ke depan, rumah kitab akan diperkaya dan diisi berbagai kitab kuning yang biasa dikaji oleh para santri dan kyai.

Pada tahun ini, aplikasi ini akan dikembangkan lebih sempurna dan diintegrasikan pemanfaatannya dengan pegon virtual keyboard. Kitab-kitab yang tersedia dalam rumah kitab bukan hanya bisa dibaca saja, tetapi juga dapat dimaknani (dimaknai/ diartikan) secara menggantung, persis seperti makna gandul yang lazim digunakan dalam tradisi pembelajaran di pesantren.

Pegon virtual keyboard dan rumah kitab ini merupakan sumbangsih kecil kepada publik dan dunia pesantren dan madrasah dari Kemenag RI di bawah kepemimpinan Gusmen Yaqut Cholil Qoumas. Dalam rangkaian Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag RI, dua aplikasi ini akan dilaunching penggunaannya oleh Menteri Agama RI pada 6 Januari 2024 di JCC Senayan Jakarta. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...