RA Lasminingrat Jadi Google Doodle, Siapa Dia?

Loading...

Suarasiber.com – Google Doodle hari ini, 29 Maret 2023 adalah Raden Ayu Lasminingrat. Siapakah dia?

Ternyata RA Lasminingrat adalah cendekiawan Sunda yang memiliki jasa besar untuk perempuan di tanah air.

“Doodle hari ini merayakan ulang tahun ke-169 penulis dan cendekiawan Sunda, Lasminingrat, yang telah membuka jalan bagi generasi masa depan perempuan di Indonesia,” tulis Google di lamannya.

Perempuan ini lahir pada 29 Maret 1854 di Garut, Jawa Barat. Orang tuanya, Raden Ayu Ria and Raden Haji Muhamad Musa. Ayahnya adalah seorang pelopor sastra cetak dan cendekiawan Sunda.

Saat menuntut ilmu, Laminingrat bersekolah di Sumedang dan berpisah dengan keluarganya. Ia diasuh teman ayahnya bernama Levyson Norman.

Hasilnya, Lasminingrat menjadi perempuan Indonesia pertama yang fasih menulis dan membaca bahasa Belanda pada masanya. Lalu muncullah niat di hati Lasminingrat soal kesetaraan bagi seluruh perempuan Indonesia.

Kemampuan literasinya berguna saat mengadopsi dongeng Eropa ke Bahasa Sunda. Kemudian ayahnya turut membimbingnya mengajari anak Indonesia pada tahun 1879.

Lasminingrat kemudian diperistri Raden Adipati Aria Wiratanudatar VII, Bupati Garut. Ia menjadi itsri ke-2. Meski sudah berumah tangga, Lasmi masih bisa fokus ke dunia pendidikan.

Ia kemudian mendirikan Sekolah Keutamaan Istri. Muridnya mencapai 200 orang dan diakui oleh pemerintah Hindia Belanda pada 1911.

Sekolah tersebut berkembang hingga ke Garut Wetan, Cikajang, dan Bayongbong. (***)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...