Pengurus Geopark Kabupaten Natuna Ikuti Rakornas di Sumbar

Loading...

NATUNA (suarasiber.com) – Pengurus Geopark Natuna menghadiri acara Rakornas geopark tahun 2023 yang digelar oleh Kementerian PPN/Bapenas selaku ketua komisi perencanaan dalam Komite Nasional Geopark Indonesia.

Perwakilan Geopark Natuna adalah Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Natuna, Ikhwan Solihin; Sekretaris Pengelola Geopark Kabupaten Natuna, Tukino dan Ketua Natuna Geopark Youth Form, Ryannaldo.

Rakornas berlangsung 19 – 22 November 2023 di kawasan Geopark Silokek, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat.

Pesertanya 23 kementerian/lembaga, 11 unsur pemerintah daerah, 10 Badan Pengelola UNESCO Global Geopark (BP UGGp) serta sembilan BP Geopark Nasional. Kemudian diikuti juga oleh 16 pakar, akademisi dan asosiasi profesi.

Acara diawali dengan Gala dinner dan penyambutan peserta di rumah dinas Bupati Sijunjung. Hadir di sini Deputi Bidang Kemaritiman dan SDA, Vivi Yulaswati dan Ketua Dewan Pakar KNGI Mega F Rosana.

Hari ke-2, peserta menikmati Amazing Field Trip yang dibagi ke beberapa tempat objek wisata kebanggaan Sijunjung. Di antaranya Geopark Silokek, Jambu Lipo, Air Terjun Batang Taye, Arum Jeram, Ngalau Talago dan diakhiri dengan makan bajamba di Balairung serta penutupan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Muaro Sijunjung.

Pembahasan dalam Rakornas meliputi hal-hal sebagai berikut:

  • Integrasi pengembangan Geopark dalam Pembangunan Daerah dan Penganggaran Daerah
  • Perencanaan dalam Pengembangan World class Geopark
  • Pengawasan Penganggaran Pembangunan di Bidang Geopark
  • Best Practice Pengelolaan Geopark

Melalui Rakornas tersebut, diharapkan tersusun program kerja tahun 2024 yang memainkan peran krusial guna mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, Sustainable Development Goals (SDGs). (***/van)

Editor Yusfreyendi

Loading...