Berhasil Atasi Kemiskinan Ekstrem, Bupati Bintan Roby Kurniawan Terima Penghargaan Wapres RI

Loading...

BINTAN (suarasiber.com) – Bupati Bintan Roby Kurniawan menerima apresiasi langsung dari Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin atas keberhasilan dalam kinerja penghapusan kemiskinan ekstrem. Penghargaan tersebut diserahkan dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional dan Penyerahan Insentif Fiskal Kategori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Tahun Berjalan 2023 didampingi Menko PMK, Menko Perekonomian dan Menteri Keuangan, Kamis (09/11) di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

Bupati Bintan Roby Kurniawan mencium tangan Wapres Ma’ruf Amin saat menerima penghargaan. Foto – diskominfo bintan

Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan tersebut telah mampu menunjukkan kinerja terbaiknya dalam menurunkan angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Bintan. Terbukti menurut data Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, angka Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten Bintan menurun dari 0,38% di tahun 2021 menjadi 0,19% di tahun 2022.

Wapres Ma’ruf Amin memberikan sambutan sebelum pemberian penghargaan. Foto – diskominfo bintan

Bahkan kinerja Pemkab Bintan merupakan yang terbaik se-Kepulauan Riau jika dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lainnya. Kinerja baik ini tidak terlepas dari kepiawaian Bupati Roby dalam mensinergikan dan mengintegrasikan program Pemerintah Pusat dengan program prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan diantaranya Bintan Peduli Lansia melalui penyaluran BLT Lansia, Bantuan Sembako, Layanan Kesehatan Gratis menggunakan KK dan KTP, Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni, perbaikan sanitasi dan peningkatan akses air bersih.

Wapres Ma’ruf Amin memberikan sambutan sebelum pemberian penghargaan. Foto – diskominfo bintan

Tak sampai di situ, bahkan pada tahun 2023 ini diberikan bantuan iuran Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian bagi Pekerja Rentan. Selain itu program di bidang sosial juga diintegrasikan dengan program di bidang ekonomi melalui Kredit Mikro Bangkit 0%, upaya peningkatan produksi perikanan dan pertanian, peningkatan kapasitas kewirausahaan serta pelatihan bagi para pencari kerja.

Wapres dan pejabat tinggi negara bersama para penerima penghargaan. Foto – diskominfo bintan

“Penghargaan ini merupakan komitmen bersama seluruh elemen untuk memastikan kesejahteraan masyarakat Bintan selalu terjaga. Penduduk miskin kita pastikan dapat meningkat kesejahteraannya melalui berbagai upaya kebijakan strategis penanggulangan kemiskinan di Bintan” jelas Roby usai menerima penghargaan.

Wapres Ma’ruf Amin didampingi sejumlah menteri pada kegiatan penyerahan penghargaan kepada kepala daerah yang berhasil mengatasi kemiskinan ekstrem. Foto – diskominfo bintan

Selanjutnya Bupati Bintan menyatakan bahwa ini merupakan kewajiban dan dedikasi Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan.

Foto bersama Wapres Ma’ruf Amin, sejumlah pejabat tinggi negara dan undangan penerima penghargaan terkait kemiskinan ekstrem. Foto – diskominfo bintan

“Tugas saya sebagai Bupati terus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh dan upaya-upaya strategis untuk penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Bintan sudah on the track, maka ke depan akan kita lanjutkan” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Wakil Presiden Republik Indonesia juga memberikan arahan agar penanganan penghapusan kemiskinan ekstrem tetap menjadi prioritas seluruh Pemerintah Daerah dengan mengedepankan kolaborasi dan sinergi multi-stakeholders. (***)

Loading...