6.000 Insan Olah Raga Bakal Ramaikan Porwil XII Sumatera 2027 di Kepri

Loading...

BATAM (suarasiber.com) – Satu lagi pesta olah raga tingkat provinsi dilaksanakan di Provinsi Kepri, yakni Porwil XII Sumatera pada 2027.

Diselenggarakan selama 14 hari, kegiatan ini akan menarik sedikitnya 6.000 insan olah raga dari Sumatera.

Hal ini diutarakan Ketua KONI Kepri, Usep usai pertemuan 10 Pengurus KONI Provinsi di Wilayah Sumatera untuk membahas penyelenggaraan Porwil XII tahun 2027 mendatang.

Rapat berlangsung Minggu (5/11) malam bertempat di Hotel Grand Jatra, hingga pukul 23.00 WIB.

Ketua KONI di 10 provinsi di Sumatera tersebut meliputi KONI Riau, KONI Aceh (wakil setuju), KONI Sumut, KONI Sumbar, KONI Jambi, KONI Sumsel, KONI Bengkulu, KONI Babel, KONI Lampung, dan KONI Kepri.

Hasilnya, Provinsi Kepri disepakati sebagai tuan rumah penyelenggaraan Porwil 2027.

“Kami para Ketua KONI di seluruh propinsi di Sumatera sudah berkumpul dan memutuskan bahwa penyelenggaraan Porwil XII Tahun 2027 yaitu di Propinsi Kepri,” ujar Usep RS, Senin (6/11).

Semula, ada dua provinsi yang mengajukan diri sebagai penyelenggara Porwil XII yaitu Propinsi Jambi dan Propinsi Kepri. Akhirnya Provinsi Jambi bersedia memberikan kesempatan ke Kepri sebagai tuan rumah.

Terkait kesiapan Kepri sebagai penyelenggara Porwil XII ini, Usep RS mengaku optimistis Kepri siap sebagai tuan rumah.

Hal ini juga sesuai dengan yang disampaikan oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad melalui Kadispora Kepri Muhammad Ikhsan bahwa Kepri senantiasa siap dan bersedia apabila ditunjuk dan diputuskan sebagai tuan rumah Porwil.

“Gubernur melalui Kadispora Kepri sudah menyampaikan bahwa Kepri bersedia menjadi Tuan Rumah Penyelenggaraan Pekan Olahraga Wilayah Sumatera XII 2027,” ungkapnya.

Dalam pertemuan KONI se-Sumatra disepakati untuk penambahan cabang olahraga dalam Porwil XII 2027 menjadi 20 cabang olahraga. Hal tersebut sudah disetujui oleh KONI tinggal menyampikan ke BP Cobor di KONI Pusat.

“Setelah Kepri ditunjuk sebagai tuan rumah tentu harus mempersiapkan sarana dan prasarana veneu, terutama atletik dan kolam renang dan hal ini sudah disampaikan kepada gubernur Ansar Ahmad dan beliau merespons dan siap perjuangkan Kepri sebagai tuan rumah,” tambahnya.

Penyelengaraan Poprvop XII 2027, selain meningkatkan prestasi olahraga nasional dan international, tentu akan meningkatkan kunjungan wisatawan di Kepri, karena akan hadir kontingen dari 10 provinsi se-sumatra.

“Ini akan mampu meramaikan wisata kuliner, UMKM, dan hotel di Kepri,” ujar Usep. (***/rls)

Loading...