Minawisata Kampung Madong Tanjungpinang Diresmikan oleh Penjabat Wako Hasan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber.com) – Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos, meresmikan kawasan Minawisata Kampung Madong – Sei Nyirih, Kamis (19/10/2023) di Rumah Makan Bandar Seafood, Kampung Sei Nyirih, Kelurahan Kampung Bugis, Tanjungpinang Kota.

Dalam sambutannya, Hasan mengatakan, minawisata merupakan konsep pendekatan pengelolaan terpadu yang berbasis konservasi dengan menitikberatkan pada pengembangan perikanan dan pariwisata bahari.

Pengembangan konsep minawisata ini juga bertujuan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat yang berbasis pada pemanfaatan potensi sumber daya kelautan, perikanan, dan pariwisata secara terintegrasi.

Menurutnya, dalam penataan dan pengembangan kawasan Minawisata ini bukan hal yang mudah dan butuh keseriusan dalam mengelolanya yaitu melalui penetapan tim penanggung jawab, pemberdayaan serta pembinaan kepada masyarakat sekitar kawasan.

“Dalam pengembangan kawasan minawisata ini diharapkan kolaborasi dan sinergitas dari seluruh pemangku kepentingan yaitu Pemko Tanjungpinang masyarakat, akademisi, swasta, lembaga swadaya masyarakat dan media dalam mewujudkan program ini,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam percepatan pencapaian tujuan pembangunan terutama pada pemulihan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, perencanaan dan implementasi pembangunan harus dilakukan dengan pendekatan lintas sektor.

Pada tahap perencanaan pembangunan, kata Hasan, menggunakan pendekatan THIS yaitu Tematik, Holistik, Integratif dan Spasial.

“Sedangkan pada tahap pelaksanaan pembangunan dilakukan melalui kolaborasi lintas sektor dengan berbasis kawasan yang melibatkan semua pemangku kepentingan untuk mewujudkan pembangunan kawasan yang terintegrasi secara bersama- sama,” sambungnya.

Ia berharap dengan Pengembangan Kawasan Minawisata Kampung Madong-Sei Nyirih ini dapat mendorong peningkatan ekonomi lokal.

“Harapan kita dengan adanya Program Pengembangan Kawasan Minawisata Kampung Madong Sei Nyirih ini, dapat mendorong pemberdayaan ekonomi lokal pasca Pandemi Covid 19, sehingga perekonomian lokal yang mandiri berkelanjutan dengan menitikberatkan pengelolaan pada sektor perikanan, pariwisata dan lingkungan hidup secara terpadu dapat segera terwujud,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bapelitbang Tanjungpinang Robert Lukman mengatakan, Kawasan Minawisata Kampung Madong Sei Nyirih mempunyai peran yang sangat penting dalam upaya mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, pengembangan Kawasan Minawisata Kampung Madong Sei Nyirih ini menjadi salah satu program prioritas daerah dalam pembangunan lintas sektor Rencana Pembangunan Daerah Kota Tanjungpinang Tahun 2024-2026.

Selain itu, program pengembangan Kawasan Minawisata Kampung Madong-Sei Nyirih ini menjadi lokasi percontohan dari upaya Pemkot Tanjungpinang, masyarakat, akademisi, swasta, LSM dan media.

“Bersama kita dukung untuk memperkuat pengelolaan potensi kelautan secara berkelanjutan, produktif dan berwawasan lingkungan, serta mendorong pengelolaan sumber daya alam secara efisien melalui kreativitas dan inovatif,” ujarnya, dilansir dari Diskominfo. (***)

Loading...