Larangan Nyanyikan Lagu Koes Plus Cuma Buat T Koes Band

Loading...

JAKARTA (suarasiber.com) – Ramai-ramai soal Koes Plus dan T Koes Band menyita publik negeri ini. Sekian lama tenang tenang saja, tiba-tiba muncul konflik.

Koes Plus menganggap T Koes Band tak pernah meminta izin saat membawakan lagu-lagu grup legendaris Indonesia.

Namun T Koes Band sendiri mengatakan sudah meminta izin kepada keluarga Kes Plus sejak belasan tahun lalu.

Mengutip detik.com, Jumat (29/9/2023), kuasa hukum Keluarga Koeswoyo, Singgih Tomi Gumilang, dalam jumpa pers, Kamis (28/9/2023) mengatakan kliennya melarang T Koes menyanyikan lagi lagu-lagu Koes Plus.

Pelestari lagu-lagu Koes Plus di dunia bukan hanya T Koes Band. Namun larang ini hanya ditujukan kepada T Koes Band.

“Kami menegaskan, bahwa hanya T Koes Band dengan formasi Bapak ADSM, FAA, GAB, JQAG, yang dilarang membawakan lagu-lagu Koes Plus,” ucap Singgih Tomi Gumilang.

Sebagai kuasa hukum, Singgih Tomi Gumilang menegaskan siapapun baik di Indonesia maupun luar negeri dapat membawakan lagu Koes Plus dengan syarat ini.

“Dapat membawakan lagu-lagu Koes Plus selama mengedepankan norma dan tertib administrasi secara hukum,” tegas Singgih Tomi Gumilang.

Sebelumnya, kuasa hukum T Koes, Marulam Hutahuruk menjelaskan izin yang dilakukan sudah sesuai dengan aturan yang ada. Izin yang dimaksud mereka adalah membayar royalti melalui LMK sesuai aturan.

“Jadi konsepnya di dalam lisensi pertunjukan ya konsepnya bukan begitu. Publik performance ketika menyanyikan lagu orang itu bukan begitu. Kan sudah diatur ada LMKN atau LMK segala macam,” ujar Marulam, Selasa (26/9/2023).

“Kalau non publik performance izinnya adalah ngomong langsung sama yang punya, tapi kalau publik performance nggak gitu. Jadi konsep lisensinya bukan izin dulu gitu ke penciptanya,” sambung Marulam.

Pendiri T Koes, Agusta Marzall pun turut memberikan komentar perihal ini. Ia mengatakan sudah meminta izin kepada keluarga Koes Plus sejak 16 tahun lalu. Bahkan beberapa kali Koes Plus manggung bersama T Koes Band.

“Jadi kalau dibilang, ‘sudah bilang belum?’ ya dari tahun 2009 suda gitu,” tutur Agusta.

T Koes Band pun tak akan lagi membawakan lagu-lagu Koes Plus saat manggung. Grup ini juga sudah menyampaikan permintaan maafnya kepada anak-anak Koes Plus.

Video permintaan maaf ini diapresiasi oleh anak-anak Koes Plus. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...