Manajemen Kelola Klaim BPJS, BP Batam Gelar Training Sistem Casemix

Loading...

Suarasiber.com – Badan Pengusahaan (BP Batam) menggelar In House Training Casemix Tanpa Fraud bagi Tenaga Kesehatan RSBP Batam, pada Minggu (13/8/2023).

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari pada 13-15 Agustus mendatang di Aula RSBP Batam, Sekupang.

Kasubdit Kelembagaan, SDM dan Budaya Kerja Badan Usaha Restrukturisasi, Asneri mengatakan, kegiatan dihelat guna meningkatkan pemahaman peserta dalam manajemen klaim pelayanan Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melalui Sistem Casemix.

“Casemix merupakan sistem penggelompokkan pembiayaan pelayanan kesehatan, untuk perhitungan klaim pembayaran dari BPJS Kesehatan,” terangnya.

Sehingga menurutnya, langkah pihaknya untuk menggelar training sangat diperlukan rumah sakit untuk menambah pemahaman terkait prosedur perhitungan klaim BPJS Kesehatan.

“Guna meminimalisir kegagalan dalam pembayaran klaim BPJS Kesehatan,” pungkasnya.

Training tersebut diikuti lebih dari 90 orang tenaga kesehatan RSBP Batam dengan menghadirkan lima konsultan sebagai narasumber di bidang Casemix yaitu, dr. Rudi Yulianto, dr. Endang Suparniati, Basirun, Lisa Indrawati dan Basmatul Yumni.

Sementara Plt. Direktur RSBP Batam, dr. Afdhalun Hakim juga berharap para peserta dan stakeholders yang hadir dapat menyamakan persepsinya dalam pembuatan klaim BPJS sebagai syarat pembayaran pelayanan rumah sakit.

“Untuk meningkatkan efisiensi dan membentuk tata kelola yang baik di rumah sakit, penting bagi kami untuk memperbarui informasi terkait pelayanan BPJS Kesehatan,” sebut Afdhalun.

“Tentunya ini dapat mengatasi kendala-kendala kita selama ini dalam mengurus masalah klaim BPJS,” harapnya.

Training kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber seputar sistem Casemix Indonesian Case Based Groups (INA-CBG) dan Peraturan Menteri Kesehatan yang terkait.

Perwakilan Casemix Community, Basirun, menjelaskan pentingnya pelayanan klaim BPJS Kesehatan tanpa fraud.

“Fraud artinya mendapatkan sesuatu yang tidak sesuai regulasi, sehingga Casemix tanpa fraud itu artinya memberikan pelayanan yang akan diklaim BPJS yang sesuai dengan regulasi sehingga tidak terjadi kecurangan,” terangnya.

Ditambahkannya, keuntungan menggunakan sistem casemix, antara lain untuk mendorong peningkatan mutu, mendorong layanan berorientasi pasien, mendorong efisiensi dan mendorong pelayanan tim.

Adapun output yang diharapkan melalui training ini adalah peningkatan pelayanan kesehatan secara prima dan menyeluruh oleh pegawai RSBP Batam. (mh/***)

Editor Yusfreyendi

Loading...