Pasien dari Batam Paling Banyak Manfaatkan Rumah Singgah Kepri di Jakarta

Loading...

Suarasiber.com – Pemprov Kepri memiliki terobosan untuk membantu warganya yang sedang sakit. Salah satunya dengan membangun rumah singgah.

Rumah singgah yang sudah dioperasikan ialah Rumah Singgah di Jakarta, tepatnya di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Dalam waktu dekat juga akan diresmikan Rumah Singgah Batam.

Berdasarkan data, pada Juli 2023 terdapat 26 pasien dari Kepri yang memanfaatkan Rumah Singgah di Jakarta. Mereka terdiri dari 14 orang dari Kota Batam, 2 orang dari kabupaten Bintan, 4 orang dari Tanjungpinang, 2 orang dari Kabupaten Lingga, 1 orang dari Natuna, 2 orang dari Karimun dan 1 orang dari Kepulauan Anambas.

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad mengatakan, keberadaan rumah singgah di Jakrta tersebut memang diadakan untuk membantu masyarakat Kepri yang kurang mampu yang akan merujuk penyakitnya ke sejumlah rumah sakit di Jakarta.

Ia merasa ketika mengetahui keberadaannya sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Sesuai tujuan awal, rumah singgah di Jakrta itu memang untuk membantu masyarakat Kepri. Alhamdulillah jika manfaatnya dirasakan sekarang. Seluruh masyarakat Kepri silahkan memanfaatkannya, dan akan diberikan pelayanan secara gratis,” kata Ansar Ahmad, Selasa (8/8/2023).

Bagi warga, rumah singgah tentu sangat bermanfaat karena tidak semua keluarga pasien memiliki saudara di Jakarta atau memiliki uang. Rumah singgah menjadi semacam rumah sementara bagi pasien yang rawat jalan atau keluarga pasien yang harus giliran menunggu anggota keluarga yang tengah dirawat di rumaah sakit di Jakarta.

Laporan dari pengelola Rumah Singgah Raja Ahmad Engku Haji Tua, rumah sakit yang menjadi rujukan masyarakat yang mendiami rumah singgat tersebut adalah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Rumah Sakit Dharmais, Rumah Sakit Harapan Kita, Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) dan RSPAD Gatot subroto.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad pun meminta pengelola Rumah Singgah Raja Ahmad Engku Haji Tua untuk membantu warga Kepri dengan ikhlas. (***/syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...