Incoming Generation Diingatkan Persiapkan Diri Sambut Masa Depan

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengingatkan generasi muda di provinsi ini bersiap meng-handle masa depan.

“Kita yang tua-tua ini sudah memasuki masa outgoing generation, sementara adek-adek yang berada di sini ini para incoming generation. Persiapkan diri dari sekarang. Percayalah masa depan Kepri ini, maju mundurnya berada di tangan kalian,” kata Gubernur Ansar di hadapan para mahasiswa fakultas ekonomi Unrika yang hadir.

Pernyataan itu disamapaikan saat pelantikan pengurus Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (IKAFEB) Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Periode 2023 -2026 sekaligus menjadi pemateri dalam Kuliah Umum dengan tema ‘Peran Mahasiswa Bersama Pemerintah Provinsi Kepri Dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045’, Selasa (18/7) di auditorium Unrika Batam.

Ansar mengatakan bahwa masa depan Kepri berada di tangan para generasi muda yang sedang menempuh bangku kuliah saat ini. Oleh sebab itu, Ansar pun berpesan agar para mahasiswa bersiap diri dari sekarang, belajar dengan giat bersungguh-sungguh.

Adapun sebagai pemateri dalam kuliah umum, Gubernur Ansar memaparkan kondisi geografis Kepri dalan perspektif bisnis. Yang mana dalam pengembangannya Gubernur Ansar memaparkan jika Pemprov Kepri menerapkan dual track strategy, yakni sector advantage oriented dan regional advantage oriented.

Secara konkret, Gubernur Ansar juga memaparkan berbagai strategi pembangunan yang telah dilakukan oleh Pemprov Kepri dalam menimbuhkan perekonomian Kepri. Seperti penerapan Free Trade Zone (FTZ) untuk Batam,Bintan dan Karimun. Kemudian ada Kawasan Ekonomi Khusus, pengembangan wisata terpadu dan sebagainya.

“Banyak sekali potensi ekonomi Kepri yang bisa kita kembangkan di Kepri. Salah satunnya kita sedang akan mengembangkan daerah Rempang dengan nilai investasi senilai sekitar Rp150 triliun. Ini kesempatan buat anak-anak Kepri tentunya untuk menjadi operator di proyek tersebut,” kata Ansar.

Tidak hanya industri di Rempang, Ansar juga menyebut sejumlah potensi lain yang bisa dihandle oleh anak-anak Kepri untuk tampil sebagai operatornya. Seperti di antaranya bidang minyak bumi dan gas di Natuna, pengolahan kekayaan laut yang menyebar diseluruh Kepri, bidang pariwisata dan sebagainya.

“Sekali lagi saya katakan, banyak sekali potensi yang bisa kita kembangkan di Kepri. Tugas adik-adik sekarang adalah belajar baik-baik, persiapkan diri untuk masa depan Kepri,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan ini Wakil Ketua I DPRD Kepri Rizki Faisal, Tim Percepatan Pembangunan Kepri dan beberapa kepala OPD dilingkungan Pemprov Kepri.

Selain Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad, narasumber lainnya dalam kuliah umum ini adalah  Rektor Unrika Prof. Dr. Sri Langgeng Ratna Sari, Dekan FEB Unrika Dr. Tibrani, Pembina IKA FEB Diky Wijaya dan Ketua Umum IKA FEB Ahmad Mulyadi. (***/masjai)

Editor Yusfreyendi

Loading...