Semua Instrumen Poros Maritim Ada di Kepri, Tinggal SDM-nya

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Gubernur Kepri Nurdin Basirun memberikan kuliah umum buka semester di Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA) di Aula Kampus, Batu Aji, Batam, Senin (17/9/2018). Ia menekankan masalah pengembangan SDM.

Menurutnya, semua instrumen untuk mewujudkan poros maritim itu ada di Kepri, tinggal bagaimana kita mampu untuk mengembangkan sumber daya manusia sebagai roda penggeraknya.

Kuliah ini mengambil tema “Peran Mahasiswa di Era Revolusi 4.0 dengan Mewujudkan Kepri sebagai Poros Maritim Dunia”. Menurut Nurdin, dewasa ini, mahasiswa harus segera mengubah pola pikir/mindset yang selama ini tertanam.

[irp posts=”10430″ name=”Jelang Dilantik, Ini Pesan Gubernur kepada Syahrul”]

[irp posts=”10441″ name=”Gubernur Kepri: Secepatnya Berhentikan PNS Mantan Napi Korupsi”]

[irp posts=”10413″ name=”Gubernur Kepri, Kami Sematkan Pin Emas Ini di Dadamu”]

“Jangan hanya berpikir lulus ingin jadi pegawai apalagi honorer, ibarat pepatah banyak jalan menuju Roma,” pesan Nurdin.

Dalam penjabarannya, Nurdin menyampaikan lima pilar yang harus di gaungkan dalam mewujudkan pengembangan identitas poros maritim tersebut. Yakni budaya maritim, pengelolaan sumber daya laut, infrastrukur dan konektivitas, diplomasi maritim dan pertahanan maritim.

Pemerintah Daerah, lanjut Nurdin juga telah bergerak melakukan upaya-upaya perwujudan dari tujuan tersebut, antara lain menggesa di sahkan RUU tentang Provinsi Kepulauan dan Ranperda tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K).

Hadir pada kesempatan tersebut beberapa kepala OPD di lingkungan Pemprov Kepri Kepala Dinas Kelautan Perikanan Edi Sofyan, Kepala ULP Misbardi, Kepala Kesbangpol Lamidi, Kabiro Humas Protokol Nilwan, Asisten 2 SyamsulAnggota Bahrum, DPRD Kepri Irwansyah, Staf Ahli Gubernur Ahar Sulaiman dan Bali Dalo. (mat)

Loading...