Hindari Penumpukan Penumpang, Pelabuhan SBP Tanjungpinang Bakal Terapkan Tiket Online

Loading...

Suarasiber.com – Calon penumpang kapal yang pulang dan pergi melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang saat ini masih banyak yang menunggu terlalu lama karena ketinggalan kapal. Meski mereka bisa menaiki kapal berikutnya, namun hal ini menimbulkan penumpukan penumpang.

Mengantsipasi hal seperti itu, PT Pelindo (Persero) Regional 1 Cabang Tanjungpinang tengah menggagas diterapkannya sistem online untuk pembelian tiket kapal.

“Lebaran kemarin pelabuhan begitu padat. Penumpang yang datang berharap bisa berangkat cepat, namun hak itu tak bisa dilakukan karena keapalnya penuh, sehingga harus menunggu kapal berikutnya,” ungkap Menurut General Manager PT Pelindo (Persero) Regional 1 Cabang Tanjungpinang, Darwis di Aula Koarmada I, Senin (18/7/2023).

Penumpukan penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura menjadi salah satu hal yang akan dicarikan solusinya. Menurut Darwis, teknologi pembelian tiket online akan bisa mengurangi jam mubazir calon penumpang di ruang tunggu.

Sebab jika nanti diterapkan, calon penumpang kapal bisa memasan tiket kapal apa yang akan ditumpanginya sesuai tujuannya. Saat melakukan pembelian online, calon penumpang bisa melihat jadwal keberangkatan kapal yang masih bisa dikejarnya.

“Satu jam sebelum keberangkatan calon penumpang bisa baru berangkat dari rumah. Mengapa? Karena ia sudah tahu jadwal kapalnya jam berapa berangkat,” imbuhnya.

Selama ini, kata Darwis, calon penumpang yang datang tidak memiliki referensi kapal apa yang tersedia dan jadwal keberangkatan. (syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...