SWRO Batu Hitam akan Aliri 5.000 Rumah

Loading...

Suarasiber.com – Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma SIP mengikuti kunjungan Anggota Komisi V DPR RI, Cen Sui Lan dan Kepala Balai P2P Wilayah Sumatera III, Zubadi ST, MT ke Batu Hitam, Minggu (21/3/2021).

Kunjungan ini untuk meninjau pengelolaan Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) Batu Hitam, Minggu (21/3/2021). SWRO merupakan sistem desalinasi mengolah air laut menjadi air tawar, yang dikelola untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat Tanjungpinang.

Rahma terus terang meminta dukungan pusat melalui Cen Sui Lan. “Target pemerintah mengalirkan 5.000 sambungan rumah. Tahun lalu sudah tersambung untuk 900 rumah, direncanakan 500 sambungan untuk tahun ini, ” jelas Rahma.

Ke depan SWRO ini dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum Pemko Tanjungpinang di bawah UPTD. Ia juga mengatakan, SWRO Penyengat yang didanai APBD telah tersambung 100 rumah, dengan target 700 rumah.

Pengelolaan SWRO tidak ada kendala, hanya menunggu proses sambungan ke rumah warga. “Doakan pemerintah dapat mengaliri 5.000 rumah sesuai target yang direncanakan,” ujar Rahma.

Cen Sui Lan melihat SWRO di Tanjungpinag sudah berjalan baik, baik di Batuhitam maupun Penyengat. Ia menjelaskan, SWRO memiliki kapasitas 50L/detik. (mat)

Loading...