Kerja Sama Militer TNI dan Angkatan Bersenjata Australia Perkuat Kemampuan TNI dan Saling Percaya

Loading...

Suarasiber.com – Kerja sama antara TNI dan Australian Defense Force (ADF) atau Angkatan Bersenjata Australia sangatlah penting sebagai kesamaan visi untuk memperkuat kemampuan dan meningkatkan rasa saling percaya.

Hal ini disampaikan oleh Air Vice Marshal Mike Kitcher, AM, DSM, Deputy Chief of Joint Operation dalam acara Lecturer Night atau malam ceramah yang membahas berbagai isu tentang Future Opportunities for TNI and ADF Joint Military Cooperation atau kemungkinan kerja sama militer TNI dan ADF di masa datang yang diprakarsai oleh IKAHAN (Ikatan Alumni Pertahanan Indonesia-Australia) melalui kedutaan besar dan kantor Atase Pertahanan Australia untuk Indonesia, Jakarta, Kamis (22/06/2023).

Dalam acara lecture night tersebut hadir undangan baik dari TNI, ADF, mahasiswa dan undangan lainnya dari berbagai instansi yang di antaranya Rektor Universitas Pertahanan Laksamana Madya Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, M.Sc., DESD., ASEAN Eng., yang juga menyampaikan pentingnya kerja sama antara Indonesia dan Australia di bidang pertahanan terutama kerja sama keamanan maritim di tengah paradigma baru yang menuntut harmonisasi dan sinkronisasi serta pemahaman bersama tidak hanya Indonesia dan Australia tapi juga kawasan regional tentang dampak ancaman keamanan maritim terhadap keamanan manusia dan lingkungan.

Dalam sesi diskusi juga banyak menyinggung tentang bagaimana kualitas keja sama baik dalam bidang latihan maupun pendidikan dan kemungkinan ikutnya stakeholder lainnya dalam latihan bersama antara Indonesia dan Australia menjadi fokus pembicaraan.

Kemungkinan untuk menjadikan latihan bilateral menjadi multilateral juga dibahas dalam sesi tanya jawab. Langkah ini disambut baik oleh Air Vice Marshal Mike Kitcher, AM, DSM sebagai langkah yang baik namun tidak mudah dan kompleksitas yang menyertainya juga harus menjadi perhatian.

Kerja sama multilateral juga harus tetap menjunjung tinggi kedaulatan masing-masing negara untuk memilih ikut atau tidak ikut dalam latihan multilateral.

TNI selalu memberikan perhatian yang serius dalam setiap kesempatan kerjasama militer baik bilateral maupun multilateral sebagai usahanya untuk mewujudakan TNI yang kuat karena dengan TNI yang KUAT akan dapat mewujudkan rakyat dan bangsa Indonesia yang bermartabat.

Latihan bersama baik dengan Australia maupun negara-negara sahabat lainnya adalah salah satu langkah konkrit yang dilakukan oleh TNI untuk terus meningkatkan kualitas dan kapabilitasnya sebagai penjaga keutuhan NKRI. (***)

Editor Ady Indra P

Loading...