50 Pembatik Bintan Digembleng Ahlinya, Hasilnya Luar Biasa

Loading...

Suarasiber.com – Ketua Dekranasda Bintan, Hafizha Rahmadhani rajin mendorong ketrampilan pegiat UMKM dan industri rumahan. Berkat kerja sama DPR RI dan Balai Diklat Padang Sumatera Barat, para pembatik Bintan bersiap melebarkan sayap.

Ada 50 pengrajin batik di Kabupaten Bintan yang menerima pelatihan 3 in 1 selama dua pekan lebih. Mereka dilatih oleh para profesional di bidang batik.

Salah satu fokus yang ditanamkan kepada peserta pelatihan ialah bagaimana menggali potensi daerah menjadi ide motif batik. Berkat ketekunan para peserta, lahirlah btik Bintan bermotif kerang, siput laut, dugong hingga gasing.

Motif-motif batik tersebut terpampang saat pelatihan ditutup di Gedung Dekranasda Bintan, Selasa (06/06).

Ada yang mengejutkan di sini. Diam-diam para peserta mempersembahkan motif batik sampan layar kepada Hafizha.

“Alhamdulillah, luar biasa sekali, ya. Di luar ekspektasi sebenarnya! Bisa sama-sama kita lihat hasil karya mereka, ini ukuran pemula lagi!” kata Hafizha memuji.

Pujian juga datang dari mentor serta pegawai Balai Diklat saat melihat hasil akhir pembinaan kepada para peserta. Hafizha pun optimis Bintan bisa menjadi sentra batik ke depan.

“Mereka mampu dan punya skill ternyata. Dari sini nanti tinggal bagaimana kemampuan dasar ini terus dilatih,” sambung Hafizha.

Para peserta nantinya akan diberikan sertifikat tanda bukti memiliki kelayakan dan kemampuan dalam membatik. Sebab, seluruh peserta mendapat penilaian langsung dari Balai Diklat dan diumumkan bahwa semuanya lulus. (***)

Editor Ady Indra P

Loading...