Nobar Semarak OneM, Cara Ampuh SMPN 1 Bintan Antisipasi Penyebaran Covid-19

Loading...

Suarasiber.com – SMP Negeri 1 Bintan di Kecamatan Bintan Timur ternyata punya cara ampuh untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19), saat menggelar acara seremonial.

Seperti pada saat pembagian hadiah dalam kegiatan Semarak OneM, Rabu (1/12/2021) kemarin. Lewat nonton bareng (nobar) dengan Protokol Kesehatan, guru dan siswa bebas dari Covid-19.

Satu per satu pelajar dan guru SMPN 1 Bintan memasuki pekarangan sekolah, pagi itu. Tanpa disuruh, mereka langsung menuju tempat tong air bersih. Mereka antre saat mencuci tangan. Sepertiga wajahnya dibalut dengan masker kain.

Bagi yang sudah mencuci tangan, langsung menuju petugas pengecekan suhu tubuh. Rata-rata angka di thermogun itu menunjukan suhu 36 derajat celsius. Dengan mengatur jarak, pelajar masuk ke dalam ruangan kelas.

Khusus pada hari Rabu itu, pelajar tidak melakukan proses belajar mengajar secara penuh. Mereka justru menyaksikan pembagian hadiah melalui monitor dari proyektor yang sudah terpasang.

Ya, hari pertama bulan Desember itu merupakan kegiatan puncak Semarak OneM, acaranya pembagian hadiah kepada para juara. Bagi keluarga besar SMPN 1 Bintan, OneM diartikan satu menyatu.

Kata satu menyatu ini bermaksud bahwa SMPN 1 adalah terdepan untuk menjadi mandiri, dengan eksplorasi potensi secara nyaman, guna mewujudkan peserta didik yang agamis, terampil dan unggul.

Pada tahun 2021 ini, kegiatan Semarak OneM kembali dilaksanakan secara virtual. Di dalamnya ada lomba mendongeng, lomba cipta dan baca puisi bagi pelajar tingkat SD/MI se-Kecamatan Bintan Timur.
Selain itu, SMPN 1 Bintan juga menggelar lomba pidato berbahasa Inggris. Lomba ini ditujukan untuk pelajar tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Bintan.

Nah, SMPN 1 Bintan juga menggelar lomba video pembelajaran kreatif dan inovatif. Lomba ini ditujukan antarsekolah dengan peserta majelis guru SMP Negeri 1 Bintan.

Dalam kegiatan ini, lomba digelar secara virtual, karena masa pandemi. Pengumuman pemenang dan pembagian hadiah dilaksanakan, di hari Rabu juga, dipusatkan di sekolah.

Langkah inovasi yang dilakukan pihak sekolah guna menyikapi undangan yang hadir, seperti para siswa yang datang ke sekolah, dengan cara menyediakan nonton bareng (Nobar). Para siswa menyaksikan rangkaian kegiatan itu dari dalam kelas masing-masing.

Siswa yang masuk ke dalam kelas dipastikan dalam kondisi sehat dan memakai masker. Serta menerapkan protokol kesehatan. Termasuk mengecek suhu tubuh. Di dalam kelas, para siswa bisa menyaksikan langsung pembagian hadiah Semarak OneM.

Penyediaan perangkat dan inovasi Nobar dengan Prokes Covid-19 ini, diprakarsai oleh teknisi dan guru-guru SMP Negeri 1 Bintan. Tujuannya memberikan ruang kepada siswa, untuk dapat menyaksikan langsung dengan menggunakan fasilitas sekolah.

“Kami senang, bisa nobar di dalam kelas, pada acara tahunan Semarak OneM ini,” ujar Rini, seorang siswa SMPN 1 Bintan.

Menurutnya, pelajar tidak khawatir dengan kegiatan Nobar Semarak OneM SMPN 1 Bintan ini. Karena, dilakukan dengan Prokes secara ketat.

“Sampai siap kami nobar di dalam kelas. Masker tak pernah lepas. Acara Semarak OneM sekolah kami meriah. Kami selalu menerapkan Prokes di dalam lingkungan sekolah,” tambahnya.

Sri Lestari SPd selaku Kepala SMP Negeri 1 Bintan menyampaikan, prakarsa Nobar Semarak OneM ini menjadi salah satu alternatif dalam pembatasan tamu di ruangan, saat acara berlangsung. Oleh karena itu, pihak sekolah memberikan kenyamanan pada para siswa dengan mengikuti siaran langsung streaming di dalam kelas.

“Semua pelajar ya nobar bersama teman-teman kelasnya. Hal ini memupuk solidaritas para siswa terhadap kegiatan yang diselenggarakan sekolah. Sekaligus cara ampuh kami untuk mengantisipasi Covid-19,” ujar Sri Lestari.

Mekanisme yang dipersiapkan Tim IT SMP Negeri 1 Bintan dalam menyediakan Nobar Semarak OneM ini, dengan mempersiapkan proyektor di 4 titik, yang langsung terhubung dengan ruang utama kegiatan.

Melalui pendampingan wali kelas dan teknisi yang menemani di ruangan kelas, para siswa menikmati kegiatan Semarak OneM penuh antusias.

“Alhamdulillah, anak-anak kami mematuhi dan terus menjalankan protokol kesehatan. Dan semuanya dalam kondisi sehat,” kata Sri Lestari.

Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Hosni MPd menambahkan, inovasi yang dilakukan pihak SMP Negeri 1 Bintan merupakan kreativitas yang luar biasa di masa pandemi Covid-19. Rangkaian kegiatan yang bervariatif mampu diakses semua siswa, dengan berbagai cara. Tak hanya nobar, melainkan bisa diakses melalui akun media sosial.

“Inovasi-inovasi seperti ini kiranya mampu menjadi pembelajaran yang sangat baik, dalam dunia pendidikan. Serta mengantisipasi Covid-19. Mari kita tingkatkan kedisiplinan Prokes 5M itu,” pesan Hosni. (yusfreyendi)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...