Suriyati, Kepala MIN Tanjunginang: Mengkhatamkan Al-Qur’an Terasa Sulit Tanpa Niat dan Semangat

Loading...

Suarasiber.com – Al-Qur’an merupakan kitab suci yang menjadi pedoman hidup bagi umat Islam. Ayat pertama Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadan oleh Allah SWT.

Menurut pendapat sebagian besar ulama, Al-Qur’an diturunkan Allah SWT pada tanggal 17 bulan Ramadhan atau 13 tahun sebelum dimulainya tahun Hijriyah. Sampai saat ini, tanggal tersebut kemudian dikenal sebagai malam nuzulul qur’an atau malam turunnya Al-Qur’an.

Bisa khatam Al-Qur’an menjadi keinginan muslim. Bagi sebagian orang mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadan adalah hal mudah, tapi tidak untuk orang yang jarang membacanya.

Apalagi orang tersebut tidak memiliki niat dan semangat untuk bisa menyelesaikan bacaan Al-Qur’an. Bulan Ramadan senantiasa ditunggu untuk melakukan khataman Al-Qur’an.

Menurut Kepala MIN Tanjungpinang, Suriyati SAg, khataman Al-Qur’an menjadi kegiatan yang masih dipertahankan di sekolah yang dipimpinnya. Pada Ramadan 2023 yang baru saja berlalu, kegiatan ini juga masih diadakan.

Dalam membiasakan anak-anak dalam membaca Al-Qur’an MIN Tanjungpinang membagi surah Al-Qur’an untuk dibaca hingga 30 juz.

Khataman Al-Qur’an dilaksanakan Senin, 03 April 2023 dilaksanakan kegiatan khataman Al-Qur’an yang diikuti para murid dan guru di lingkungan MIN Tanjungpinang.

“Adapun tujuan diadakannya khatam Al-Qur’an ini adalah sebagai ungkapan rasa syukur dan mengharapkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT ,” ujar Suriyati, kepada suarasiber.com, baru-baru ini.

Ia mengaku gembira dan bersyukur lantaran semua pihak dari keluarga besar MIN Tanjungpinang mengikutinya dengan seksama dan tertib.

Terkait pendaftaran murid baru MIN Tanjungpinang, Suriyati mengatakan pihaknya sudah menyusun pengumuman. Pengumuman itu akan disebarluaskan, termasuk melalui suarasiber.com. (syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...