Taiwan dan Malaysia Tarik Indomie Rasa Ayam Spesial dari Pasaran, Ini Alasannya

Loading...

Suarasiber.com – Taiwan menemukan zat pemicu kanker di bumbu Indomie rasa ayam spesial dan menarik produk tersebut dari pasaran. Hal serupa juga diikuti oleh Malaysia dengan alasan serupa.

Mengutip The Star, Menteri Kesehatan Malaysia, Muhammad Radzi Abu Hassan, memberikan pernyataan jika kementeriannya menarik produk buatan Indonesia itu.

Ia juga meminta perusahaan menarik peredaran Indomie Rasa Ayam Spesial secara sukarela.

Keputusan ini diambil setelah Kementerian Kesehatan Taiwan mengumumkan temuan zat pemicu kanker atau karsinogenik di bumbu mi instan itu.

Bukan hanya Indomie Rasa Ayam Spesial yang disorot, mi instan produksi Malaysia, Mi Kari Putih Ah Lai juga mengandung zat serupa di bumbu dan mi.

Taiwan News melaporkan keduanya disebut mengandung etilen oksida, senyawa kimia yang terkait dengan limfoma dan leukemia.

Sebelumnya, Selasa (25/4/2023), Direktur Indofood, Fransiscus (Franky) Welirang, mengatakan sejatinya produk mi instan yang diekspor perusahaannya sudah sesuai dengan ketentuan BPOM dan Badan Pengawas Makanan dan Obat dari negara tujuan.

Sejatinya, pihaknya mengikuti ketentuan BPOM dan ketentuan FDA dari negara-negara pengimpor produk yang dibuat. Namun saat itu ia tak berkomentar lebih jauh tentang temuan Kemenkes Taiwan. (***)

Editor Ady Indra P

Loading...