Yachter Asing Sebut Kepri Berpeluang Menjadi Karibia Kecil

Loading...

Suarasiber.com – Yachter pemilik kapal layar Vega buatan Norwegia tahun 1892, Shane Granger dan Meggi Macoun, mengatakan Kepulauan Riau memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai Karibia kecil.

Mereka adalah dua dari sekian peserta Nongsa Neptune Regatta yang berakhir Minggu (29/1/2023). Saat teman-temannya sudah memilih kembali ke negara dan daerahnya masing-masing, Shane Granger dan Meggi Macoun masih menambatkan yacht-nya di Marina Nongsa Point Marina Batam.

Vega sendiri sudah berlayar lebih dari 6.000 mil. Pemiliknya juga aktif di berbagai kegiatan Sosial, kesehatan dan pendidikan.

Di Kepri, banyak tempat bisa dikunjungi yachter. “Anambas sangat bagus,” ujar Shane.

Ia menambahkan destinasi lainnya yang ia senangi di Kepulauan Riau adalah Lingga.

kapal layar vega di nonga neptune reggata
Vega bersandar di Marina Nongsa Point Marina Batam. Foto – sapril sembiring

Shane menitipkan pesan, untuk menjadikan Kepri sebagai Karibia kecil dibutuhkan sedikit kerja untuk melakukan pembenahan. Ia menyebutkan, beberapa hal penting yang harus segera dikerjakan ialah informasi yang akurat terkait nama nama pulau.

“Juga lokasi labuh jangkar dan informasi lainnya yang dibutuhkan saat berkunjung ke pulau pulau tersebut,” imbuh Meggi.

Shane Granger dan Meggi Macoun menilai Nongsa Neptune Regatta tahun ini punya penilaian luar biasa baginya. Bukan sekadar perlombaan, melainkan perhelatan yang berarti bagi peserta acara. Ia dan teman-temannya pun berjanji, Regatta harus menjadikan masyarakat bergembira dan senang saat dikunjungi.

Ia juga memuji Nongsa Point Marina Resort lebih baik. Gerald, A Hendrick selaku Group General Manager disebutnya memiliki tim yang luar biasa.

“Makanannya enak, juru masak yang menyajikan masakan melakukan kerjanya dengan baik, para karyawannya ramah, dan ini sangat baik untuk Nongsa Point Marina,” kata Shane.

Shane yang sudah berlayar 20 tahun bersama Vega berkunjung ke banyak tempat, terutama pulau ke pulau. Melakukan kegiatan kemanusian, serta membantu masyarakat dengan berbagai kegiatan seperti membantu orang tua dengan kaca mata baca, membantu bidan dengan peralatan kesehatan dan listrik tenaga surya, serta membantu sarana pendidikan.

Perhelatan Nongsa Neptune Regatta diikuti 70 peserta dari berbagai negara, berlayar mengunjungi pulau pula yang ada di Provinsi Kepulauan Riau selama seminggu. Sabtu 28 Januari 2023 dilakukan jamuan makan malam di Nongsa Point Marina Resort.

Beberapa peserta masih beristirahat di dermaga Marina untuk selanjutnya melanjutkan pelayarannya ke daerah lain. (Sapril sembiring)

Editor Ady Indra P

Loading...