Bawaslu Tanjungpinang Hadiri Konsolnas Bawaslu RI

Loading...

Suarasiber.com – Bawaslu Kota Tanjungpinang bersama 2.352 orang Bawaslu provinsi, kota dan kabupaten se-Indonesia menghadiri Konsolidasi Nasional (Konsolnas) guna memantapkan kinerja dan soliditas jajaran pengawas Pemilu dalam mengawasi penyelenggaraan tahapan Pemilu Tahun 2024.

Kegiatan digelar Bawaslu Republik Indonesia, di Gedung Bidakara, Jakarta, 17 – 18 Desember 2022. Presiden Joko Widodo yang membuka acara menegaskan Bawaslu menempati peran yang sangat sentral dalam mengawasi Pemilu yang berkualitas. Ia menekankan empat hal agar Pemilu 2024 berlangsung jujur dan adil.

Pertama, Bawaslu harus memetakan segera potensi masalah dan berbagai kemungkinan terjadinya pelanggaran. Kedua, fokus pada upaya pencegahan terjadinya sekecil apapun benturan sosial. Ketiga, bekerja cepat, responsif dan selalu berada pada koridor hukum. Keempat, melibatkan partisipasi masyarakat seluas-luasnya dan menggencarkan pendidikan politik.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menyambut baik kehadiran Presiden Jokowi di acara konsolnas. Setelah membacakan puisi untuk Jokowi, ia menjelaskan bahwa Bawaslu dan seluruh jajaran siap mengawasi Pemilu Tahun 2024. Saat ini, terdapat 23.897 orang SDM pengawas, dari pusat hingga Panwaslu Kecamatan.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini berfoto bersama Presiden RI Joko Widodo yang membuka konsolnas. Foto- bawaslu tanjungpinang

Bawaslu mengembangkan pengawasan partisipatif melalui Saka Adhyasta Pemilu bersama gerakan Pramuka, Pusat Pendidikan Partisipatif, Pengembangan Teknologi Informasi, Survei Indeks Kerawanan Pemilu, Hubungan Kerjasama Kelembagaan dan Internasional.

Pada hari ke-2, 18 Desember 2022 dilaksanakan jalan sehat di area “Care Free Day Jakarta” di sekitar Gedung Bawaslu RI dan Bundaran HI. Di sini ada stand pameran pengawasan dari Bawaslu di 34 Provinsi. Buku 500 Pantun Pemilu karya Bawaslu Kota Tanjungpinang, termasuk di antara literasi yang menghiasi stand Bawaslu Kepri.

Soal pengawasan, Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini yang menghadiri kegiatan ini menyampaikan hal yang tak jauh berbeda. “Arahan ini menjadi spirit yang terpatri dalam melaksanakan tugas kelembagaan dalam mengawal pesta demokrasi 2024,” ungkap Zaini

Bawaslu Kota Tanjungpinang sudah dan akan meningkatkan upaya pencegahan terhadap berbagai potensi kerawanan, dengan mengembangkan pengawasan partisipatif melalui sosialisasi dan edukasi, serta kerjasama kelembagaan dengan stakeholder, Ormas, OKP, Ormawa, Partai Politik, pemantau Pemilu, dan seluruh masyarakat.

Saat ini ada 32 SDM adhoc Panwaslu Kecamatan dan sekretariatnya, selanjutnya bulan Januari 2023 akan direkrut Pengawas Kelurahan di 18 kelurahan Se-Tanjungpinang.

Selain itu, Bawaslu Kota Tanjungpinang sedang fokus pengawasan pembentukan PPK dan PPS jajaran adhoc KPU, guna memastikan terpilihnya penyelenggara yang berintegritas dan profesionalitas. Serta fokus pengawasan penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi untuk DPRD Kota Tanjungpinang. Beberapa waktu lalu telah menyelesaikan pengawasan tahapan verifikasi dan penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024.

“Alhamdulillah Bawaslu Kota Tanjungpinang melakukan pengawasan secara langsung dan melekat terhadap setiap tahapan Pemilu, dengan merujuk kepada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, serta Perbawaslu dan PKPU guna memastikan sesuai prosedur, tatacara, mekanisme”, tutur Zaini yang juga Kordiv. SDM, Organisasi, Diklat dan Datin,” pungkasnya. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...