Buka Pelatihan Prosedur Ekspor Bagi Sentra IKM, Rahma Harapkan Dapat Go Internasional

Loading...

Suarasiber.com – Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma SIP membuka kegiatan pelatihan prosedur ekspor bagi sentra Industri Kecil Menengah (IKM), yang dilaksanakan di Hotel Comforta, Selasa (1/11/2022).

Dalam sambutannya Rahma mengatakan pelatihan prosedur ekspor ini untuk penguatan sektor industri Kota Tanjungpinang. Pemerintah melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian terus melakukan pembinaan dan pengembangan terhadap sektor industri mikro dan kecil.

“IKM Kota Tanjungpinang telah menunjukkan pertumbuhan yang positif, terbukti sejak tahun 2018 hingga tahun 2022 ini IKM tumbuh, pada tahun 2022 sebanyak 1.180 IKM. Industri makanan olahan khas berbasis agro menjadi produk unggulan sektor IKM di Kota Tanjungpinang,” ucap Rahma.

Pelatihan juga diharapkan menjadi penguatan keterampilan bagi usaha mikro dan kecil agar produk yang dihasilkan dapat memenuhi standart ekspor.

Rahma berharap kepada peserta untuk memahami materi yang disampaikan agar dapat go international. Baik ke Singapore, Malaysia bahkan negara lainny.

Peserta diberi penjelasan pengantar bisnis ekspor, mengurus dokumen, mengurus pengangkutan dan pengemasan serta mengurus kelengkapan dokumen ekspor.

Kepala Bidang Industri Dinas Perdagangan dan Perindustrian Surya Dharma mengatakan kegiatan ini dilaksanakan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Bidang IKM.

Dilaksanakan dua hari dengan peserta 30 pelaku IKM dari Tanjungpinang Timur.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua Komisi II DPRD Kota Tanjungpinang Fengki Fasento, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Meitya Yulianty; Kasi Pabean & Cukai I, Amin Masadi; Kasubbag TU Kantor Pertanahan Kota Tanjungpinang, Tri Budi Yulianto; Kepala Bagian Perekonomian, Hermawan. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...