Yes! Wali Kota Tanjungpinang Ingin kalaMusika Diadakan Setiap Tahun

Loading...

Suarasiber.com – Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP hadir pada kegiatan kalaMusika Suara Pemuda 2022 Kota Tanjungpinang, yang berakhir Sabtu (22/10/2022).

Melihat gelaran ini, Rahma bahkan mengatakan harapannya agar kalaMusika bisa dilaksanakan setiap tahun.

Pemkot Tanjungpinang, imbuh dia, mendukung berbagai kegiatan yang bersifat untuk melestarikan kesenian seperti ini.

“Selain untuk menyalurkan bakat dan menampilkan kesenian dan puisi, kegiatan ini juga sebagai sarana silaturahmi. Dan Pemkot Tanjungpinang tentunya turut mendukung kegiatan seperti ini dengan tujuan untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian, dan mudah-mudahan dapat dijadikan sebagai agenda tahunan,” kata Rahma.

KalaMusika diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang yang bekerja sama dengan pelaku seni dan sastrawan Kota Tanjungpinang, di Gedung Gonggong.

Kegiatan semacam ini juga seyogyanya bisa menjadi contoh kepada masyarakat agar memberikan contoh kepada masyarakat dan generasi muda agar terus mempelajari ilmu seni khususnya puisi.

Ditambahkannya, pembacaan puisi yang diiringi musik merupakan proses kolaborasi apresiasi seni yaitu antara musik, puisi dan cara menyampaikannya.

“Puisi sebagai media mengekspresikan diri, dan untuk menyampaikan sebuah pesan yang terkandung di dalamnya. Dan merupakan sebuah kolaborasi seni yang semakin menarik dengan cara ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Joko Yuhono selaku inisiator kegiatan kalaMusika menyampaikan bahwa Kebudayaan yang ada di Indonesia sangat menarik untuk dipelajari yang salah satunya puisi. “Artinya kita dapat mengapresiasi karya-karya para penyair yang ada di Tanjungpinang dan di luar Tanjungpinang. Ini menjadi suatu kebudayaan yang sangat kita perlukan dan kita tidak bisa melepaskan diri dari sebuah gerak kebudayaan, karena di sini banyak sastrawan yang lahir dari Tanjungpinang,” ujar Joko.

Joko berharap dengan kegiatan kalaMusika ini akan melahirkan tokoh-tokoh penyair dan sastrawan.

Selain persembahan tari, kalaMusika juga menyuguhkan pembacaan puisi dan musikalisasi puisi oleh para sastrawan. Diantaranya Rida K. Liamsi, Suryatati A.Manan, tokoh masyarakat dan kepala perangkat daerah Kota Tanjungpinang.

Turut hadir Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Hj. Yuniarni Pustoko Weni; Sekretaris Daerah Kota, Zulhidayat; Kadis Kebudayaan Provinsi Kepri, Juramadi Esram. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...