Tapak Natuna, Teras Utara Indonesia yang Wajib Kalian Kunjungi

Loading...

Suarasiber.com – Kabupaten Natuna dikenal memiliki panorama yang indah. Namun tahukah Anda tentang Tapak Natuna?

“Tapak bagi warga Natuna adalah teras,” ungkap Aldo, pengelola Natuna Dive Resort.

Resort ini masih sangat alami di kaki Gunung Ranai menghadap Laut Natuna Utara.

Jika dilihat di peta, Natuna terlihat hanya sebuah pulau kecil di tengah lautan. Daerah dengan gugusan pulau terluar. Berbatasan dengan negara negara tetangga seperti Brunai, Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia.

Di kawasan dengan bongkahan batu alam yang besar, sebuah patok dibuat di kawasan ini dengan tulisan jarak ke beberapa negara tetangga tersebut.

Lokasi ini pun menjadi spot foto untuk para pengunjung. Unik, karena ada bongkahan bebatuan besar yang menurut ilmuwan geologis berusia ratusan juta tahun.

Di sini pengunjung ditunjukkan jarak dari Tapak Natuna ke sejumlah negara tetangga. Foto – sapril sembiring untuk suarasiber

Kawasan ini mulai dipopulerkan oleh Bobby Rojano bersamaan dengan pembukaan Natuna Dive Resort. Sarana pariwisata dengan jumlah kamar 21 unit dan mampu mempekerjakan 15 warga lokal.

Resort ini mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19. Penerapan PPKM dan kebijakan lain, kata Aldo, sangat dirasakannya.

“Namun sekarang secara perlahan mulai mengalami peningkatan kunjungan dengan rata rata hunia 50 hingga 60 persen,” jelas dia.

Kawasan unik ini hanya sekitar 15 menit dari Bandara Raden Sadjad Natuna. Berada di Jalan Sepempang, Bunguran Timur Kabupaten Natuna.

Resort ini cocok untuk kunjungan berwisata apalagi yang ingin berbulan madu. Bernuansa alami, tenang, sepi dan suasana udara segar alami masih terasa sekali.

Resort ini juga pernah menadapat penghargaan oleh Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) atas keunikan bangunan dan mempertahankan keasrian, alami dan kearifan lokal. ***

Penulis Sapril Sembiring
Praktisi Pariwisata Kepulauan Riau

Loading...