free page hit counter

Penerjemah Bahasa Inggris Tunjang Natuna Geopark

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Penerjemah Bahasa Inggris atau guide yang menguasai kemampuan berbahasa Inggris menjadi penting saat bicara Natuna Geopark Nasional. Pemerintah Kabupaten Natuna pun melakukan beberapa cara untuk memerkenalkan wisata ini.

Dilansir dari natunakab.go.id, langkah-langkah diambil guna mengoptimalkan salah satu sektor unggulan daerah ini, yaitu pariwisata. Beberapa waktu lalu Natuna sudah ditetapkan sebagai salah satu geopark nasional dan ini merupakan modal untuk menjadikannya destinasi wisata unggulan.

Status geopark nasional diraih mengingat Natuna benar-benar memiliki karakter geologi dan potensi destinasi wisata yang eksotis. Tentunya hal ini sangat membutuhkan penerjemah bahasa Inggris yang benar.

Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi meminta semua elemen masyarakat melihatnya sebagai sebuah peluang. Termasuk pada peluang sebagai penerjemah bahasa Inggris. Hal ini disampaikan Wan Siswandi ketika membuka secara resmi acara Diklat Bagi Pencari Kerja (Bahasa Inggris/Pemandu Wanita) Tahun Anggaran 2019.

Diklat yang dilaksanakan di Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Natuna, ini dilaksanakan Kamis (3/10/2019). Turut hadir Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan, Pengusaha perhotelan dan kuliner dan Peserta Diklat.

Pentingnya Penerjemah Bahasa Inggris

geopark natuna butuh penerjemah bahasa inggris terbaik
Dengan 8 Geosite di Natuna Geopark, kehadiran pemandu wisata tentu hal penting di sini. Foto – instagram.com/geoparknatuna

Menurut Siswandi, pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan kali ini difokuskan pada penguasaan Bahasa Inggris. Dengan semakin banyaknya penerjemah bahasa Inggris akan meningkatkan pelayanan kepada para turis.

Bahasa menjadi sarana komunikasi yang lazim digunakan manusia. Dengan penerjemah yang profesional, para turis asing akan mendapatkan penjelasan yang lengkap. Siswandi pun mengharapkan kegiatan ini diikuti oleh mereka yang benar-benar memiliki minat untuk belajar Bahasa Inggris.

“Saya minta seluruh peserta fokus pada tahapan diklat, sehingga nantinya memiliki kemampuan penguasaan bahasa inggris bagus, bisa menjadi pemandu wisata yang andal. Pada gilirannya dapat peningkatan ekonomi dan kesejahteraan,” kata Sekdakab Natuna.

Ketua Penyelenggara sekaligus Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Husyaini melaporkan kegiatan ini memang bertujuan menyiapkan pemandu wisata profesional. Penerjemah bahasa Inggris terbaik tentu akan mendapatkan apresiasi turis yang datang.

Menurut Husyaini, Diklat penguasaan Bahasa Inggris merupakan bentuk dukungan dari instansi yang dipimpinnya untuk memajukan pariwisata.

“Kami sangat mendukung status Natuna sebagai Geopark Nasional. Kami ingin menciptakan lapangan kerja terutama bagi warga lokal sebagai penerjemah Bahasa Inggris bagi wisatawan,” ujarnya.

Diklat akan dilaksanakan dua bulan, diikuti 16 peserta yang merupakan penggiat wisata dari berbagai desa dan kecamatan. Selain itu, para peserta juga didaftarkan dalam keanggotaan BPJS ketenagakerjaan Kabupaten Natuna.

Anugerah yang Harus Dijaga

geopark natuna butuh penerjemah bahasa inggris yang benar
Geopark Natuna bisa menjadi objek wisata unggulan dengan dukungan fasilitas, termasuk penerjemah bahasa Inggris. Foto – instagram.com/geoparknatuna

Unggahan di Instagram @geoparknatuna bulan Juli 2019 lalu, menampilkan Foto Bupati Natuna Drs H Abdul Hamid Rizal MSi. Di samping foto Bupati ada 8 Geosite Geopark Natuna.

Ke-8 geosite tersebut ialah Goa Bamak di Bunguran Timur Laut; Pulau Senoa, Senibung, Gunung Ramai di Bunguran Timur; Batu Kasah dan Pulau Akar di Bunguran Selatan; Pulau Setanau di Pulau Tiga dan Tanjungdatuk di Bunguran Utara.

Postingannya sendiri seperti ini:
Selamat malam #sahabatgeopark
Berikut 8 lokasi yang ditetapkan sebagai geosite dari geopark basional natuna dari ratusan geosite yang diajukan sisanya masih dalam penelitian

Mohon untuk kita jaga bersama
Agar kelestarianya tetap tersimpan hingga akhir zaman “Saya pilih bumi”

Masih di Instagram yang sama, sebuah foto yang cukup menarik diunggah. Bentuknya berupa lempengan batu dengan beberapa orang berdiri di atasnya dan foto diambil dari atas.

Natuna mendapatkan anugerah dengan menjadi salah satu kawasan gropark nasional
Salah satu yang menjadi objek penilaian adalah hamparan bebatuan granit yang tersebat dibibir pntai pulau bunguran besar bagian selatan dan timurnya serta di daratan hingga kepegunungan

Ditambah dengan keberagaman hayati dan terdapat hewan endemik yang dimiliki natuna menambah lengkapnya keunikan yang dimiliki oleh natuna sebagai kawasan geopark

Mari kita jaga bersama demi kelestarianya, begitu captionnya. Dan kita tentu boleh berharap kemajuan objek wisata ini, termasuk dari para penerjemah bahasa Inggris. (man)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •