free page hit counter

PSI Dukung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024

Loading...

Suarasiber.com – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. Sementara calon wakil presidennya, partai ini menetapkan nama Yenny Wahid.

Menurut Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, lahirnya nama Ganjar bukan serta-merta. Melainkan sudah mulai dibicarakan melalui Rembuk Rakyat sejak akhir Februari 2022.

Pengumuman PSI mengusung pasangan Ganjar Pranowo – Yenny Wahid sisampaikan Grace dalam jumpa pers daring, Senin (3/10/2022). Bersamaan harinya dengan pengumuman NasDem mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Grace membeberkan, sejak Rembuk Rakyat dibuka Februari lalu ada 9 nama yang masuk bursa. Mereka adalah Emil Dardak, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Mahfud MD, Andika Perkasa, Ridwan Kamil, Tito Karnavian, Najwa Shihab, hingga Sri Mulyani Indrawati.

Untuk diketahui, PSI saat ini tak punya kursi di parlemen. Artinya mereka tidak bisa mencalonkan pasangan capres-cawapres. Pasangan yang diusung harus mendapat dukungan 20 persen suara di parlemen atau 25 persen perolehan suara nasional.

Soal dukungan untuk Ganjar sebelumnya juga sempat viral di Pekanbaru, awal Juli 2022 lalu. Kala itu beredar foto di medsos adanya baliho besar berisi infrmasi PSI mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai maju sebagai Capres 2024.

Baliho berukuran cukup besar itu berwarna merah dipadukan dengan putih sebagaimana warna khas PSI bisa dilihat di simpang Jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru.

Pada baliho itu juga dimuat gambar Ganjar Pranowo serta logo PSI dengan narasi dukungan terhadap Ganjar untuk maju sebagai Capres 2024.

“Dukung Ganjar Pranowo Capres 2024. Rembuk Rakyat mencari penerus Jokowi,” tulis dalam Baliho itu.

Namun Sekretaris Wilayah (Sekwil) DPW PSI Riau, Infa Wilindaya, justru merasa heran dan balik bertanya keberadaan baliho tersebut. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...