free page hit counter

Kukuhkan Paskibraka Kepri 2022, Gubernur Ansar Apresiasi Panitia dan Pelatih

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepri H Ansar Ahmad mengukuhkan anggota Paskibraka Provinsi Kepulauan Riau tahun 2022 di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Tanjungpinang, Senin (15/8/2022).

Mereka yang dikukuhkan berjumlah 38 orang, dari seluruh kabupaten dan kota di Kepri yang sebelumnya lolos seleksi secara berjenjang.

Ansar mengucapkan syukur lantaran anggota Paskibraka Kepri 2022 telah dikukuhkan. Ia menyebutnya sebagai catatan sejarah.

Gubernur Ansar Ahmad memberikan ucapan selamat kepada salah satu Paslkibraka Kepri. Foto – diskominfo kepri

Kepada para anggota Paskibraka, mantan Bupati Bintan dua periode ini mengingatkan sejarah perjuangan Kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari peran generasi muda yang selalu menempati posisi penting dalam memperkuat keutuhan perjuangan melawan penjajah.

Pada kesempatan ini, Gubernur Kepri juga mengapresiasi kinerja panitia serta pelatih dan purna Paskibraka.

Kadiskominfo Kepri Hasan dan sejumlah pejabat lain memberikan ucapan selamat. Foto – diskominfo kepri

“Peran mereka sangat menentukan masa depan Kepri nantinya, terlebih lagi peristiwa penting dalam sejarah selalu ada generasi muda didalamnya,” ungkap Gubernur Ansar.

Pesannya kepada anggota Paskibraka agar selalu berusaha dan menjadi teladan dalam bermasyarakat di masa yang akan datang. Juga melanjutkan kepemimpinan bangsa Indonesia yang berakhlak dan berbudi pekerti.

“Serta menjunjung nilai-nilai persatuan dan kesatuan NKRI,” Ansar mengingatkan.

Jadi Pelopor Persatuan dan Kesatuan

Foto – diskominfo kepri

Ketua Purna Pakibraka Indonesia (PPI) Provinsi Keprin Cakrawala SH, yang diwakili oleh Sekretaris PPI Provinsi Kepri Yayan Edi Saputra, selaku Koordinator Kakak Asuh Paskibraka Kepri 2022 memberikan pesan.

Ia berharap seluruh anggota Paskibraka dapat melaksanakan tugas yang diemban dan menjunjung makna perjuangan dari para pahlawan Indonesia terdahulu.

Ia menyebutkan jika mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih adalah tugas yang mulia. “Sukses dalam pengibaran dan penurunan bendera pusaka dengan semangat para pejuang yang memerdekakan Indonesia. Tentunya, kita juga berharap mereka semua menjadi pelopor persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia kelak,” harap Yayan.

Optimis Jalankan Tugas

Paskibraka mencium bendara Merah Putih di malam renungan. Foto – diskominfo kepri

Usai upacara pengukuhan tersebut, salah satu anggota Paskibraka dari Kota Batam, Dayla Cita Amanda selaku komandan upacara pengukuhan menyebutkan optimisnya.

Ia meyakini, bersama teman-temannya akan mengibarkan bendara merah putih pada 17 Agustus 2022 dengan sukses dan lancar.

Ia mengaku tak kuasa menyimpan rasa bangga atas pengukuhannya sebagai anggota Paskibraka Kepri tahun 2022.

Paskibraka mencium bendara Merah Putih di malam renungan. Foto – diskominfo kepri

Ia pun mengucapkan terima kasihnya kepada sejumlah pihak. “Kami merasakan perubahan mental, spiritual, serta fisik. Semuanya tidak terlepas dari peran kakak pelatih, kakak purna dan kakak panitia,” ujarnya.

Kepada mereka, Dayla dan teman-temannya akan bekerja semaksimal mungkin dalam pengibaran dan penurunan 17 Agustus nanti,” tutupnya.

Tetap Jadi Sosok Teladan

pembukaan diklat paskibraka kepri 2022 oleh adi prihantara 546rff
Pembukaan Pelatihan Peserta Paskibraka Provinsi Kepulauan Riau tahun 2022 di Ruang Hang Tuah, Hotel Comforta, Tanjungpinang, Kamis (4/8/2022). Foto – diskominfo kepri

Sekda Provinsi Kepri, Adi Prihantara saat membuka diklat anggota Paskibraka di Comforta Hotel mengapresiasi penyelenggara, panitia pelaksana, serta tim pelatih dan medis yang telah mendukung, menyukseskan upacara peringatan HUT RI ke-77 pada 17 Agustus mendatang.

“Apresiasi dan ucapan rasa terima kasih yang tak henti-hentinya, kepada pihak-pihak yang telah terlibat dalam mensukseskan HUT ke-77 RI nanti. Rasa lelah kita akan terbayarkan setelah pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih dengan lancar nantinya, dan turut bangga kepada adik-adik peserta Capaska,” sebutnya.

Gubernur Ansar Ahmad didampingi Kadis Kepemudaan dan Olahraga Muhammad Ihsan mengenakan kendit. Foto – diskominfo kepri

Adi berpesan kepada peserta diklat calon Paskibraka Provinsi Kepulauan Riau untuk terus menjadi sosok teladan ketika kembali dari Diklat.

“Harapan saya, seluruh pihak-pihak yang terlibat, khususnya adik-adik calon Paskibraka yang tentunya kalian putra-putri terbaik yang harus terus melanjutkan nilai-nilai perjuangan
pahlawan Indonesia,” tutupnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepri Drs Muhammad Ihsan MSi dan sejumlah pejabat terkait.

Hasil Seleksi 62 Peserta

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kepri, Raja Heri Mokhrizal didampingi Kadispora Kepri, Drs Muhammad Ihsan MSi dan pejabat lain menyematkan tanda kepesertaan seleksi calon Paskibraka Kepri dan nasional di Hotel Aston, Selasa (22/3/2022). Foto – suarasiber.com

Seleksi hingga diklat Paskibraka Kepri dilaksanakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepri. Seleksi ini diadakan di Hotel Aston, Tanjungpinang, akhir Maret 2022 selama beberapa hari. Seleksi inilah yang menghasilkan Paskibraka Kepri dan Nasional.

Pembukaan seleksi dilaksanakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kepri, Raja Heri Mokhrizal yang mewakili Penjabat Sekda.

Mereka terpilih melalui seleksi berjenjang yang ketat. Foto – diskominfo kepri

Keterangan yang diperoleh suarasiber.com dari PPTK kegiatan ini, Mala, jumlah peserta 62 orang, terdiri dari 31 putera dan 32 puteri.

Rinciannya ialah, perwakilan Kota Tanjungpinang 14 orang, Kota Batam 12 orang, Kabupaten Bintan 8 orang, Kabupaten Karimun 10 orang, Kabupaten Lingga 10 orang, Kabupaten Anambas dan Natuna masing-masing 4 orang.

Menurut Malla, dari jumlah tersebut akan dipilih 40 pelajar, 38 diantaranya sebagai Paskibraka Provinsi Kepri dan 2 orang mewakili Kepri ke Paskibraka Nasional yang bertugas di Istana Negara pada 17 Agustus 2022 nanti.

Foto – diskominfo kepri

Sementara Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kepri, Abdi Suryarendra saat berbincang dengan suarasiber.com di lokasi seleksi menyebut momen ini sebagai pembuktian diri.

Para peserta seleksi adalah para siswa terpilih dari kabupaten dan kota di Kepri. Mereka harus siap menjalani segala tahapan seleksi, baik tertulis, wawancara dan sebagainya dari 22 – 25 Maret 2022.

Pada tahap seleksi juga dihadiri Kadispora Kepri, Drs Muhammad Ihsan MSi. Kala itu ia meminta agar para peserta menjaga kesehatan. Sekilas, ia melihat secara fisik semua peserta seleksi memenuhi syarat. Salah satunya dari tinggi badan.

Foto – diskominfo kepri

“Namun nanti akan dicek apakah data yang diberikan oleh Dispora kabupaten dan kota memang cocok dengan yang dikirimkan. Apa betul-betul memenuhi syarat mengikuti seleksi ini,” imbuhnya.

Kedua, peserta diminta untuk menjalani segala tes dengan perasaan nyaman. Apalagi seleksi ini dilaksanakan di hotel dengan fasilitas yang cukup.

Untuk membantu agar kenyamanan hati terjaga, pejabat yang pernah menjadi Paskibraka di Pekanbaru tahun 1984 ini ini memberikan tips.

Foto – diskominfo kepri

“Hindari stres. Jangan berpikiran peserta lain kelihatannya lebih bagus dan sebagainya. Kemampuan pribadi yang menentukan terpilih atau tidak,” kata Ihsan.

Sementara diklat dilaksanakan di Comforta Hotel Tanjungpinang, awal Agustus lalu. Pembukaan diklat dilakukan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara yang mewakili Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...