Halo Kampus-kampus di Kepri, Pemprov Siapkan Rp5 M untuk Penelitian

Loading...

Suarasiber.com – Memenuhi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni kampus sebagai pengabdian kepada masyarakat maka penelitian adalah hal yang penting.

Bahkan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menganggarkan Rp5 miliar untuk biaya penelitian yang bisa dimanfaatkan kampus-kampus di Kepri.

Hal ini disampaikan Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat menerima kunjungan Rektor Unrika Edwin Agung Wibowo bersama rombongan di Auditorium Swiss Bell Hotel, Senin (13/12/2021).

“Kami siapakan kurang lebih Rp5 miliar untuk penelitian. Saya berharap, anggaran ini bisa dimanfatkan Unrika dan universitas lain di Kepri,” pinta Gubernur.

Penelitian itu, imbuh Ansar, sangat diperlukan sebagai database dan arah kebijakan pemerintah daerah dalam membangun wilayah.

Uang sejumlah itu menurut Ansar adalah sangat terbatas. Karenanya ia memberikan masukan agar Unrika mengajak perguruan tinggi lainnya di Batam untuk mendirikan lembaga penelitian bersama.

Hal serupa juga akan diminta Gubernur kapada kampus-kampus di Tanjungpinang dan kabupaten/kota lainnya di Kepri.

“Di Tanjungpinang nanti bisa dimotori oleh UMRAH, tentunya dengan menggandeng univeritas lainya, ” ujar Ansar.

Mendapatkan tawaran seperti itu Rektor Unrika Edwin Agung Wibowo berterima kasih. Unrika juga siap melaksanakan penelitian seperti diminta Gubernur.

“Karena sebagai akademisi, kami juga terus berkomitmen meningkatakn performance perguruan tinggi, agar makin bisa berkiprah di tengah – tengah masyarakat,” kata Edwin.

Sebelum pertemuan berakhir, Edwin berharap dukungan bagi Unrika terutama terkait dengan peningkatan kompetensi dosen untuk meningkatkan jenjang pendidikan melalui beasiswa. Termasuk dukungan bagi program pasca sarjana yang ada di Unrika.

“Mungkin bentuknya bisa ASN Pemprov Kepri memgambil program S2 di tempat kami,” jelasnya.

Pertemuan ini juga dihadiri Wakil Rektor 1 Unrika  Suryo Hartanto; Direktur Pasca Sarjana Unrika, Sri Langgeng Ratnasari; Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Tibrani dan Humas Unrika, Linayati Lestari. (masjai)

Editor Yusfreyendi

Loading...