Selayang Pandang II, Jembatan yang Jadi Ikon Baru Tarempa

Loading...

Suarasiber.com – Kota Tarempa di Anambas memiliki ikon baru berupa jembatan. Namanya Jembatan II Selayang Pandang.

Peresmiannya dilakukan oleh Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad, Kamis (14/7/2022).

Jembatan ini dibangun atas kerja sama antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas. Sebenarnya masyarakat sudah mulai menggunakannya pada Januari lalu, namun baru diresmikan Kamis.

Selayang Pandang II merupakan pengganti Jembatan Selayang Pandang I yang kondisinya rusak akibat badai tropis Pabuk yang melanda Thailand dan sekitarnya kala itu.

Saat ini Jembatan Selayang Pandang II menjadi ‘urat nadi’ transportasi dan perekonomian masyarakat, hingga akses cepat yang menghubungkan pusat ibukota ke pusat pemerintahan di Tarempa.

“Jembatan Selayang Pandang II sudah jauh lebih mumpuni sebagai akses jalan di Tarempa, sekarang jembatannya lebih lebar jadi kendaraan roda empat mudah melewati jembatan ini,” ujar Gubernur Ansar.

Pengerjaan jembatan ini memakan waktu tiga tahun dengan besaran dana yang digunakan sebesar Rp77 miliar. Jembatan dengan panjang 1.150 meter ini direncanakan akan diaspal pada tahun 2023.

“Jembatan Selayang Pandang II kalau kita lihat dari Masjid Agung sangat cantik sekali dan jadi ikon barunya Tarempa, bisa dibilang ini adalah kado dan kebanggaan untuk masyarakat Tarempa,” kata Gubernur Ansar.

Oleh Pemda, lokasi Jembatan Selayang Pandang I dijadikan pusat kuliner. Juga tengah direncanakan sebagai tempat bersepeda dan pejalan kaki.

Penyelenggaraan MTQ Kepri yang saat ini berlangsung membuat banyak pengunjung dari luar menikmati kuliner di tempat ini. (jlu/eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...