free page hit counter

MTQ IX Tingkat Provinsi Kepri Dibuka, Turut Promosikan Wisata Anambas

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad membuka MTQ IX Provinsi Kepulauan Riau di Masjid Agung Baitul Ma’mur, Tarempa, Anambas, Kamis (14/7/2022).

Pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan kompang oleh Gubernur Ansar dan para Kepala Daerah Kabupaten/Kota serta jajaran Forkompimda Kepri.

GUbernur mengharapkan penyelenggaraan event seperti ini dapat memperkuat jati diri dan karakter masyarakat Provinsi Kepulauan Riau.

Harapan lainnya, dari MTQ ini lahir qari dan qariah, hafiz dan hafizah yang berprestasi dan mampu mengharumkan nama Kepri.

Mereka akan mewakili Kepri di MTQ XXIX Tingkat Nasional Tahun 2022 yang akan diselenggarakan di
Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Di tempat sama, Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris mengatakan masyarakat Anambas sangat bersyukur atas digelarnya MTQ ini.

Kehadiran kafilah dari seluruh Kepri tentunya membawa berkah tersendiri karena bisa mengenalkan pariwisata di Anambas dan bisa menggerakkan perekonomian di Anambas.

Cabang yang dilombakan di MTQ IX ialah Seni Baca Al-Qur’an Gol. Tilawah Anak-Anak Remaja dan Dewasa, Cabang Seni Baca Al-Qur’an Gol. Tartil Anak-anak dan Gol. Tilawah Tuna Netra, Cabang Qira’at Al-Qur’an Gol. Qira’at Mujawwad Dewasa, Qira’at Muratal Remaja dan Dewasa, Cabang Hafalan Al-Qur’an Gol. 1 Juz dengan Tilawah dan Gol. 5 Jus dengan Tilawah.

Selanjutnya diperlombakan juga Cabang Hafalan Al-Qur’an 10 Juz dan 20 Juz, Cabang Hafalan Al-Qur’an Gol. 30 Juz, Cabang Tafsir Al-Qur’an, Cabang Fahm Al-Qur’an, Cabang Syarh Al-Qur’an, Cabang Khat Al-Qur’an, Cabang Karya Tulis Al-Qur’an.

Sebelumnya, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim menyerahkan piala bergilir sebagai juara umum MTQ sebelumnya ke Gubernur Ansar, untuk kemudian Piala tersebut akan diperebutkan setiap kafilah untuk menjadi juara umum pada MTQ IX kali ini.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut tersebut Bupati Natuna Wan Siswandi, Bupati Lingga M. Nizar, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad, dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang Endang Abdullah.

Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, dan Ketua Dewan Hakim Nasional Prof. Dr. KH. Said Agil Munawar, Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Ketua DWP Provinsi Kepri Hj. Nong Rohaiza Adi Prihantara, Kepala Dinas ESDM Provinsi Kepri M. Darwin, Staf Khusus Gubernur Kepri Sarafuddin Aluan dan Nazaruddin. (jlu/zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...