free page hit counter

Puluhan Yacht Wisman Singgah Sepekan di Anambas, Butuh APBN Bangun Pelabuhannya

Loading...

Suarasiber.com – Pemkab Anambas kembali menyelenggarakan Rally Yacht Wonderfull Sail Anambas pada Juli 2022. Kegiatan yang digandrungi orang kaya luar negeri ini sempat terhenti karena Covid-19.

Terkait hal ini, Bupati Anambas Abdul Haris mengatakan kedatangan puluhan yacht merupakan bentuk ketertarikan wisatawan mancanegara akan potensi wisata kabupaten ini.

“Itu bentuk dari kemajuan pertumbuhan wisatawan di Anambas,” ujarnya, melansir ignnews.id, Kamis (17/3/2022).

Namun kedatangan yacht atau kapal layar mewah untuk pelesir ini masih membutuhkan sarana yang penting. Yakni tempat yacht tersebut ditambatkan.

“Seperti labuh yacht di Pelabuhan Marina itu. Untuk mewujudkan hal tersebut pasti butuh anggaran yang besar dan hanya dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang bisa mewujudkannya,” imbuh Haris.

Rally Yacht Wonderfull Sail Anambas 2022 sendiri akan dimanfaatkan para pemilik yacht dari berbagai negara di dunia.

“Para wisatawan asing itu berasal dari berbagai negara seperti Australia, New Zealend, British, Eropa dan lainnya,” ungkap Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Anambas, Heryana, Senin (14/3/2022), seperti dikutip dari batam.tribunnews.com.

Ia menyebutkan, nantinya ada sekitar puluhan kapal yacht yang akan masuk melalui rute Sabang hingga ke Jemaja, Kepulauan Anambas.

“Nantinya ada sekitar 30-50 kapal yang akan datang tepatnya tanggal 6 Juni, yang isinya para wisatawan asing,” terangnya.

Puluhan kapal yacht tersebut nantinya akan singgah di Anambas selama satu pekan.

Pengertian Yacht

Dibaca suarasiber.com dari id.strephonsays.com, yacht adalah jenis perahu tertentu yang telah dirancang untuk tujuan rekreasi dan rekreasi.

Yacht dibangun untuk kemewahan dan biasanya dimiliki oleh orang kaya. Saat ini, kapal pesiar adalah simbol kekayaan karena seseorang harus memiliki kekayaan dalam jumlah besar untuk memiliki dan memelihara kapal pesiar.

Yachts dapat dari berbagai ukuran dan jenis yang bervariasi seperti day sailing yachts, weekend yachts, luxury sailing yachts, dan sebagainya.

Namun, yang mungkin tidak diketahui banyak orang adalah bahwa kapal ini ditemukan dan pertama kali digunakan oleh Belanda untuk berburu bajak laut, demikian namanya (kapal pesiar berasal dari kata Belanda Jacht, yang artinya berburu). (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...