Wahyu Kreatif Jaya Mandiri: Ganti Bagian Mobil dengan Merek Lain Tak Masalah Asalkan Pas

Loading...

Suarasiber.com – Tak semua suku cadang mobil tersedia di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Sementara jika dibutuhkan mendesak dan urgent, jalan satu-satunya ia menggunakan merek lain.

Hal ini beberapa kali dilakukan pemilik Bengkel Kreatif Jaya Mandiri, Wahyu Hidayat yang membuka usahanya di Jalan Garuda, Tanjungpinang.

Wahyu pun mengunggah video tentang hal tersebut melalui chanel miliknya di Youtube, Bengkel Kreatif Jaya Mandiri. Dalam catatan suarasiber, setidaknya Wahyu belum lama ini mengunggah nozzle swasher wiper milik Isuzu NHR.

Kendaraan roda empat berjenis lori ini dibeli bekas, pesanan seorang warga pulau. Lalu pembuatan bak, bemper, jok dan perbaikan lain dilakukan di Bengkel Kreatif Jaya Mandiri.

Dalam sebuah video Wahyu menunjukkan bagaimana ia mengganti nozzle swasher wiper untuk Isuzu NHR. Ia menggantinya dengan kepunyaan Suzuki Futura.

Video lain di chanelnya juga menunjukkan ia mengganti batang wiper Honda Jazz Vtec 2005 Otomatis dengan milik Suzuki Ertiga.

Ketika dikonfirmasi suarasiber.com melalui telepon, Selasa (5/4/2022), Wahyu pun memberikan penjelasan.

“Itu nozzle swasher wipernya sudah tak fungsi, dicarikan sudah nggak ada lagi. Saya cabut yang lama, bawa ke toko sparepart mobil untuk dicarikan pengganti,” katanya.

Kemudian barang sejenis di toko langganannya dicari, dibandingkan, dicocokkan, diukur dan ketika ada yang cocok, itu adalah kepunyaan Suzuki Futura.

“Alhamdulillah cocok dan berfungsi,” imbuh montir yang baru saja dikaruniai seorang anak perempuan ini.

Sisten penggantian tak satu merek itu menurut Wahyu tak menjadi soal. Apalagi untuk bagian-bagian yang ada di luar. Tak perlu dimodifikasi, yang lama tinggal copot kemudian yang baru dimasukkan. Semudah itu. Kalau mesin ia percaya tak bisa jika langsung dimasukkan.

Kalau sudah urusan memasukkan mesin kendaraan lain ke mobil lain, jatuhnya pada swap engine. Yaitu mengganti atau mencangkok mesin mobil ke mobil lainnya.

“Seperti pada video saya yang lain, ada saya swao engine Terrano dengan mesin kendaraan lain untuk memberikan kemampuan pacu lebih maksimal,” ujarnya.

Demikian tips yang disampaikan Wahyu, semoga bermanfaat untuk sobatsiber. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...