Gurin Energy Diminta Buka Kantor di Kepri, Agar Saat Listrik Diekspor ke Singapura Pajaknya Tak ke Jakarta

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepulauan Riau kembali menerima audiensi perusahaan yang berkedudukan di Singapura, Gurin Energy di Rupatama Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Kamis (28/4/2022).

Pada kesempatan ini Ansar meminta agar Gurin Energy dapat membuka kantor cabang di Kepri.

“Supaya jangan listrik kita ekspor ke Singapura, pajaknya masuk ke Jakarta. Jadi wajib punya kantor cabang di Kepri,” jelasnya.

Pertemuan antara Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan perwakilan Gurin Energy ini sesuai mendat Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan energi transisi dan mendukung kerja sama energi bersih antara Indonesia dan Singapura,

Gurin Energy dan perwakilannya di Indonesia PT. Panah Perak Megasarana, berencana akan berinvestasi membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berskala besar di wilayah Kabupaten Karimun dengan kapasitas 2 Gigawatt.

Sebelumnya, Pemprov Kepri telah menandatangani MoU dengan beberapa perusahaan energi terkait pengembangan PLTS di Kepri. Menurut Gubernur Ansar, MoU ini sebagai referensi perusahaan sebagai salah satu kandidat mengikuti pengembangan PLTS.

“Pada prinsipnya Pemprov Kepri memberikan dukungan dengan MoU dengan skala kawasan Kepri. Kemudian memfasilitasinya ke Kepala Daerah di Kabupaten dan Kota” ujar Gubernur Ansar. 

Sampai saat ini permasalahan terbesar ialah ketersediaan lahan. Perusahaan diminta memastikan rencana lokasi yang aman dan bisa dibebaskan lahannya dengan berkoordinasi dengan Pemda setempat.

“Jangan paksakan di suatu lokasi kalau ada persoalan, tumpang tindih misalnya. Umpamanya kawasan tersebut tidak memungkinkan bisa mencari alternatif lain,” pesan Gubernur Ansar.

Sementara itu CEO Gurin Energy, Assaad W. Razzouk menjelaskan inisiatif Pemerintah Singapura untuk impor energi terbarukan pada fase pertama yang akan selesai pada 2027 dan fase kedua pada 2030.

Ia menambahkan 80 persen investasi pada fase I akan masuk ke Kepri.

“Akan ada banyak pekerjaan sepanjang 4 tahun ke depan. Dimana perusahaan kami berinvestasi 25 persen dari total paket,” jelasnya.

Turut hadir dalam audiensi tersebut Direktur Utama PT. Panah Perak Megasarana, Agus Salim Igarashi; Jajaran Gurin Energy, Thomas Coombes dan Diko Darwoto.

Sedangkan Gubernur Ansar didampingi Sekdaprov Adi Prihantara; Asisten 2, Luki Zaiman; Plt. Kaban Kesbangpol, Lamidi; Kadis ESDM, M. Darwin; Kadis LHK, Hendri; Kadis PTSP, Hasfarizal Handra, serta H. Syamsul Bahrum. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...