Rekrutmen Calon Paskibraka Kepri dan Nasional Dites Online oleh BPIP

Loading...

Suarasiber.com – Hari ini, Rabu (23/3/2022) merupakan hari ke-2 seleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Provinsi Kepri dan Nasional di Hotel Aston, Tanjungpinang.

Sebanyak 64 peserta yang berasal dari seluruh perwakilan kabupaten dan kota di Provinsi Kepri masih menjalani beragam tes. Dari wawancara langsung hingga tertulis.

Bahkan, begitu kegiatan ini dibuka Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kepri, Raja Heri Mokhrizal, Selasa (22/3/2022), peserta langsung berhadapan dengan tes online.

Kadispora Kepri Muhamad Iksan didampingi Kabid Pengembangan Pemuda Abdi Suryarendra ikut mengecek kesiapan peserta seleksi Paskibraka. Foto – diskpora kepri

Tes pertama yang berlangsung sore bekerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

“Sejak rekrutmen tahun 2021, calon Paskibraka diwajibkan melalui tahapan seleksi program Pendidikan Ideologi Pancasila (PIP),” jelas Abdi Suryarendra, kepada suarasiber.com.

Menurut Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kepri ini, hal tersebut sebagaimana implementasi Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 1 Tahun 2021.

Peraturan tersebut Tentang Pembinaan Ideologi Pancasila pada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera.

Berfoto bersama instruktur dari TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polri. Foto – dispora kepri

“Pendidikan Ideologi Pancasila ini harus dilalui calon Paskibraka mulai tingkat daerah sampai tingkat nasional,” imbuh pejabat yang akrab disapa Rendra ini.

Melansir bpip.go.id, Rabu (23/3/2022), BPIP diberikan mandat oleh Presiden Joko Widodo untuk melaksanakan PIP pada tahapan rekrutmen dan seleksi.

“Termasuk saat pemusatan pendidikan dan pelatihan, pengukuhan, serta Duta Pancasila,” ujar Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Dr Rima Agristina SE MM, dikutip dari website tersebut.

Ia menegaskan pemahaman nilai-nilai Pancasila sangat penting pada generasi muda, maka PIP dilaksanakan dalam pembentukan Paskibra mulai tahun 2021.

Dirinya juga berharap program tersebut dapat menyiapkan putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi calon pemimpin Indonesia masa depan yang memahami Pancasila.

Sementara itu PPTK kegiatan ini, Murfanirmala, menambahkan jika para peserta seleksi memiliki jadwal yang padat hingga tanggal 24 Maret nanti.

Selain tes kemampuan dan sejenisnya, panitia juga memberikan kebebasan setiap peserta untuk menunjukkan bakat dan minatnya.

Tim kesehatan memeriksa seorang peserta seleksi calon Paskibraka Provinsi Kepri dan Nasional di Hotel Aston. Foto – dispora kepri

“Tentu saja bakat yang mereka miliki akan menjadikan nilai tambah bagi yang bersangkutan,” kata Malla.

Jadwal hari ini selengkapnya sebagai berikut:

  • 04.30 – salat subuh
  • 05.30 – senam
  • 06.00 – persiapan peserta
  • 07.00 – sarapan pagi
  • 08.00 – pemeriksaan kesehatan
  • 10.00 – coffee break
  • 10.15 – pemeriksaan kesehatan dan tes parade
  • 12.00 – zuhur
  • 13.30 – lanjutan pemeriksaan kesehatan dan res parade
  • 15.00 – ashar
  • 15.45 – tes wawancara
  • 18.00 – maghrib
  • 19.30 – lanjutan tes wawancara
  • 23.00 – istirahat

Semua tahapaan dilaksanakan di hotel. Namun pada hari ke-3 besok, 24 Maret 2022, ada tes yang dilakukan di luar hotel.

Di akhir wawancara, Malla mengatakan seleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Provinsi Kepri dan Nasional ini didanai oleh APBD.

Seluruh panitia memberikan dukungan kepada para peserta. Kadispora Kepri Muhamad Iksan bahkan turut memeriksa kesiapan para peserta dan memberikan motivasi. Demikian juga dengan tim kesehatan yang disiapkan, akan menangani setiap keluhan peserta terkait kesehatan.

Tak terkecuali instruktur dari TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polri, berusaha menjalankan tugasnya dengan baik sesuai ketentuan. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...