FPTI Gagas Pusdiklat Panjat Tebing Berkelas Internasional di Batam

Loading...

Suarasiber.com – Pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Provinsi Kepri tengah mewacanakan pembangunan tempat latihan berskala internasional.

Tempat ini akan dijadikan pusat pendidikan dan latihan (Pusdiklat) dengan lokasi di pinggir pantai, Jembatan 1 Barelang, Kota Batam.

“IMI ada Mandalika, PSSI ada Gelora Bung Karno, panjat tebing belum ada pusdiklatnya. Kami coba menggagasanya untuk bisa dibangun di Batam,” ungkap Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Provinsi Kepri, Kadarisman, saat rapat perdana dengan pengurus periode 2021-2025, di Batam, Selasa (18/1/2022) malam.

Melansir dari batamclick.com, Kamis (20/1/2022), di lokasi Pusdiklat bukan hanya ada tebing buat latihan. Melainkan ada fasilitas wisata, seperti vila-vila dan pantai yang indah.

Soal lahan, mahan, mantan Ketua KNPI Kota Batam ini menjelaskan, pihaknya telah mendapat mitra yang menghibahkan lahannya.

“Lahan Insyaallah sudah tersedia, tinggal membangunnya saja, tentu kita tak bisa sendiri dan butuh sokongan dari pemerintah pusat maupun daerah,” ungkapnya.

Ia pun menyebutkan jika mantan Ketua Umum FPTI Pusat merupakan Ketua Komisi VI DPR RI.

Yang dimaksud Kadarisman ialah Faizol Reza, mantan Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Tahun 2015 – 2019.

Kadarisman mengungkapkan pecinta olah raga panjat tebing ini merupakan orang-orang yang gemar travelling dan pecinta alam. Sehingga sangat berpotensi wisata jika ada Pusdiklat panjat tebing di Batam, terlebih jika dilengkapi dengan fasilitas wisata.

Mantan Ketua Sispala SMA Negeri 3 Tanjungpinang ini menambahkan, organisasi pecinta alam sudah tumbuh di SMA sederajat. Di tingkat kampus juga ada, selain komunitas lain yang berdiri sendiri.

Kadarisman yang didampingi Ketua Harian FPTI Kepri, Dadok Herdiansyah berharap semua pengurus FPTI Kepri dapat bahu-membahu mewujudkan wacana ini.

“Kita juga segera menjadwalkan pertemuan dengan pemerintah daerah untuk menyampaikan rencana ini,” tuturnya. (masjai)

Editor Yusfreyendi

Loading...