Dicurhati Nelayan Soal Mahalnya Urus Pas Kecil, Ini Tanggapan Plt Bupati Bintan

Loading...

Suarasiber.com – Nelayan masih membutuhkan pas kecil sebagai syarat mendapatkan solar subsidi di Agen Premium Minyak Solar (APMS).

Persoalannya, selama ini dibutuhkan biaya yang bagi nelayan cukup besar untuk mengusurnya. Karena harus melalui jasa agen kapal.

Keluhan ini disampaikan Pengurus Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Bintan kepada Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan di Ruang Rapat Bapelitbang Bintan, Senin (18/1/2022).

Ketua Umum HNSI Bintan, H. Baini menyampaikan hal tersebut imbas peralihan kewenangan izin penerbitan pas kecil untuk kapal 1 – 7 GT. Dari Dinas Perhubungan ke Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP).

Menurutnya, surat pas kecil tersebut menjadi sangat penting bagi nelayan, karena tanpa dokumen tersebut, nelayan kesulitan untuk mendapatkan solar subsidi di Agen Premium Minyak Solar (APMS).

“Kami harapkan pemerintah bisa membantu nelayan dalam fasilitasi pengurusan pas kecil ini. Karena jika melalui jasa agen kapal, maka biaya yang ditimbulkan menjadi besar bagi nelayan,” ujar Bini.

Menanggapi hal tersebut, Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan menuturkan bahwa dirinya mengucapkan rasa terima kasihnya kepada segenap pengurus HNSI Bintan yang telah bekerja keras dalam membantu nelayan di Bintan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan menurutnya akan segera berkoordinasi dengan sektor terkait lainnya.

“Nanti akan kita coba audiensi dengan KSOP dan jajaran terkait lainnya guna membantu penyelesaian masalah yang dihadapi para nelayan Bintan khususnya dalam pengurusan pas kecil,” ujarnya

Roby juga membicarakan asuransi nelayan serta sinergitas program-program HNSI Bintan bersama Pemda Bintan ke depan.

“Harapan kami, sinergisitas antara HNSI dan Pemkab Bintan terjalin baik. Agar kesejahteraan nelayan tercapai,” ungkap Roby.

Dalam pertemuan ini Roby didampingi Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bintan, Supriyono; Kadisnaker Bintan, Indra Hidayat; Kadis PMD Bintan, Ronny Kartika; Kadis Perikanan Bintan, Fachrimsyah.

Juga ada Kadis Kominfo Bintan, Aupa Samake; Sekretaris Dinas Perikanan, Rusli; Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Bintan, AS Syukri. (machfut)

Editor Yusfeyendi

Loading...