Pangkas Rantai Birokrasi, Roby Lantik 188 Pejabat Fungsional Pemkab Bintan

Loading...

Suarasiber.com – Pemkab Bintan mulai memangkas sistem birokrasi berbelit, rumit dan lama dengan pelantikan 188 pejabat fungsional, Jumat (31/12/2021) di Bintan Buyu.

Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah para pejabat, yang beralih dari struktural menjadi fungsional.

Yang berarti para pejabat tetap di posisinya masing-masing saat ini. Hanya nama jabatannya saja yang berubah.

Perubahan ini merupakan kebijakan itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, yang menginginkan birokrasi yang cepat, simple dan tidak bertele-tele.

Dengan jabatan fungsional, para pejabat punya kewenangan langsung memutuskan sebuah diskresi dari suatu masalah.

Dan, tidak harus menunggu petunjuk pejabat eselon di atasnya. Seperti yang berlaku di sistem jabatan struktural. Itu sebabnya, birokasi saat ini berbelit, ribet dan lama.

“Saat ini kita harus mampu beradaptasi dan mengikuti perkembangan sesuai dengan kebutuhan, aturan. Sekaligus kebijakan dari pemerintah pusat.

Ke depannya penyederhanaan birokrasi bertujuan untuk menciptakan birokrasi yang sangat efektif dan efisien.

Dalam rangka mendukung kinerja pelayanan pemerintah kepada masyarakat,” kata Robby Kurniawan Plt Bupati Kabupaten Bintan di arahannya.

Roby juga menekankan kepada ASN yang sudah dilantik dan disumpah janji agar amanah dalam mengemban tugas yang diberikan bangsa dan negara.

Ia juga meminta agar ASN tak hanya sekedar menjawab kepercayaan. Namun juga menjalankan dengan benar-benar tanggung jawab yang diberikan.

“Laksanakan amanah yang diberikan sesuai dengan keahlian saudara. Kita mengimbau dapat bersama-sama menghadapi tantangan dan jaga situasi kondusif dalam bekerja melayani masyarakat” urai bupati termuda se-Provinsi Kepri ini. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...