Warga Chicago Nikmati Musik Gamelan Klasik Jawa Tengah

Loading...

Suarasiber.com – Kelompok Musik “​​Friends of the Gamelan” (FROG) mempersembahkan “Musik Klasik Jawa Tengah” di Epiphany Center for the Arts 201 S. Ashland Ave Chicago, Illinois (16/10/2021).

Para pemain alat musik tradisional Jawa di FROG adalah warga Amerika. Kelompok ini berdiri 1980 sebagai organisasi pendidikan nirlaba.

Tujuannya untuk membeli gamelan Jawa untuk pedagogi dan pertunjukan untuk melanjutkan pekerjaan yang dimulai di Museum Lapangan.​

​​Dilansir dari laman kemenlu, peran FROG menyebarkan budaya klasik Jawa sangat besar sehingga banyak masyarakat Chicago jatuh cinta. Penyebaran Budaya Indonesia merupakan salah satu misi KJRI, keduanya telah bergandengan tangan selama bertahun-tahun.

Mewakili Konjen, Konsul Penerangan Sosial Budaya Benny. K Rahman mengapresiasi khusus seniman yang berkolaborasi dan berharap FROG dan Konsulat dapat segera bekerja sama dalam sebuah proyek.

Gamelan Jawa yang dipentaskan dalam pertunjukan sore ini bertema “Musik Klasik Jawa Tengah”. Gamelan yang berarti “memalu”, mengacu pada jenis ensambel atau orkestra yang utamanya terdiri dari gong dan metalofon.

Konser dimulai dengan Gobet, komposisi gaya istana klasik yang berfokus pada melodi rebab, sindhen, dan instrumen dekoratif gaya lembut lainnya.

Bagian akhir ialah Pamungkas, yang telah menjadi komposisi pokok untuk mengakhiri pertunjukan. Sebuah paduan suara dinyanyikan di bagian tengah karya, dengan hanya instrumen gaya lembut yang menyertainya, memberikan perasaan penyelesaian dan penutupan.​ (man)

Loading...