Facebook Berganti Nama Jadi Meta, Apa yang Berubah?

Loading...

Suarasiber.com – Marck Zuckerberg mengumuman perubahan nama Facebook Inc sebagai sebuah perusahaan menjadi Meta Platforms Inc pada ajang tahunan Connect 2021, Kamis, (28/10/2021)

Lantas bagaimana dengan Facebook, WhatsApp, Instagram? Mengutip situs resminya, Jumat (29/10/2021), layanan ketiga media sosial itu tak ada yang berubah.

Selain Facebook, WhatsApp, Instagram, Meta masih akan membawahi lini produk lainnya, seperti Oculus, Workplace, Portal dan Novi. Demikian pula dengan struktur organisasinya, tak ada yang diubah.

Hanya, Meta akan fokus ke metaverse (metaverse-first), bukan lagi Facebook. Diharapkan, kelak seiring waktu pengguna layanan Meta tak membutuhkan lagi akun Facebook.

Secara lebih jelasnya, istilah metaverse ini mengacu pada dunia virtual yang menyerupai kehidupan dunia nyata, dengan tanah, bangunan, avatar yang bisa dibeli dan dijual, yang seringkali menggunakan mata uang kripto.

Di dalam dunia ini, orang-orang dapat beraktivitas, berteman, mengunjungi tempat tertentu, hingga membeli barang dan jasa, layaknya di kehidupan nyata.

Metaverse diciptakan oleh penulis fiksi ilmiah Neal Stephenson dalam novelnya Snow Crash tahun 1992.

Sementara itu, penulis esai yaitu Matthew Ball memprediksi bahwa metaverse akan menjadi pintu gerbang yang membawa manusia merasakan berbagai pengalaman digital dan menjadi platform yang bahkan bisa menyerap tenaga kerja baru.

Dirinya yakin bahwa metaverse mampu menjadi kekuatan pendorong untuk menciptakan generasi baru bagi perusahaan dan menjadi pemimpin industri.

Perubahan nama ini menjadi trending topik di Twitter. Seperti biasanya tak sedikit meme bermunculan mengomentari perubahan nama dari Facebook ke Meta ini. (man)

Loading...