free page hit counter

Cuma Rp65 Juta, Mobil Listrik Wuling Geser Penjualan Tesla di Tiongkok

Loading...

Suarasiber.com – Tiongkok menggencarkan mobil listrik. Meski Tesla yang buatan Amerika juga tengah dipasarkan, namun mobil listrik Tiongkok mampu menggeser penjualan Tesla.

Salah satu keunggulan yang dimiliki mobil listrik yang diproduksi SAIC Motor ialah harganya yang hanya Rp 65 jutaan.

Mobil Wuling Hong Guang Mini EV yang dibangun sebagai bagian dari kerja sama dengan raksasa mobil AS, General Motors (GM) dan juga Wuling. SAIC sendiri salah satu produsen otomotif terbesar di Tiongkok.

Dikuip dari BBC, penjualan Wuling dikatakan dua kali lipat dari Tesla. Untuk menyaingi Tesla, mobil listrik Wuling menjual harga murah serta kenyamanan.

Pada paruh kedua 2020, Wuling Hong Guang Mini EV terjual 112.000 unit. Ia mengekori Tesla Model 3 yang dibuat di pabrik Shanghai.

Namun Januari 2021, mobil listrik Wuling terjual 25.578 unit di Tiongkok, sekaligus menggeser penjualan Tesla.

Memang sejumlah pakar mobil mengatakan beberapa komponen Wuling Hong Guang Mini EV kalah kualitas dengan Tesla. Nyatanya dengan harga murah dan kenyamanan, Wuling melesat di pasar.

Wuling Hong Guang Mini EV mulai dijual tahun lalu. Ia hanya mampu digeber maksimum 100 km/jam. Sementara daya tampungnya mampu memuat 4 penumpang.

Direktur Pelaksana Grup Riset Pasar China, Shaun Rein mengungkapkan, pemerintah China memiliki ambisi besar dalam memproduksi kendaraan listrik di negaranya.

“Pemerintah China serius dalam melakukan pengurangan polusi dan menjadi pemimpin global dalam menerapkan serta mempromosikan inovasi kendaraan listrik,” kata Shaun dikutip BBC.

Meski demikian, Tesla dianggap tetap menjadi favorit kelas menengah ke atas. Tak lain karena fiturnya yang lebih bagus. (mat)

Loading...