free page hit counter

Ssst, Indonesia Memiliki 5 Jalan Raya Unik, Berikut Daftarnya

Loading...

Suarasiber.com – Bukan hanya bangunan atau lokasi wisata yang memiliki keunikan. Di Indonesia, sebenarnya ada 5 jalan raya unik yang wajib traveller datangi.

Dilansir dari @kemenpupr, Sabtu (24/7/2021), jalan mempunyai peranan penting dalam memperlancar konektivitas, mewujudkan perkembangan ekonomi dan pemerataan hasil pembangunan, serta pemantapan pertahanan dan keamanan nasional.

Dari sekian banyak jalan yang telah dibangun di Indonesia hingga saat ini, beberapa di antaranya memiliki keunikan.

Kelima jalan raya unik di Indonesia tersebut sebagai berikut:

  1. Kelok 44, berada di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Kelok 44 terkenal karena tikungan tajam yang berjumlah 44 di sepanjang rutenya. Dengan pemandangan indah berupa sawah terasering dan hijaunya Bukit Barisan, Kelok 44 merupakan ikon balap sepeda internasional Tour de Singkarak.
  2. Jalan Tol Bali Mandara, merupakan jalan tol atas laut pertama di Indonesia yang membentang sepanjang 12,7 kilimeter. Jalan tol ini menghubungkan Nusa Dua, Bandara Ngurai Rai dan Benoa. Sepanjang jalan disuguhi hijaunya hutan mangrove.
  3. Jalan Heat Papua, berada di ketinggian 4.285 meter di atas permukaan air laut yang ada di Tembagapura, Papua. Jalan Heat Papua berfungsi sebagai jalur utama pengiriman alat berat ke area Tambang Freeport Indonesia. Merupakan jalan di salah satu medan tersulit dunia yang artiseknya putra Indonesia bernama Ilyas Hamid.
  4. Jalan Slamet Riyadi, berada di Kota Solo menjadi satu-satunya jalan yang di salah satu sisinya terdapat rel kereta api. Rel ini dilintasi kereta api jurusan Solo – Wonogiri. Keunikan ini hanya ada di Solo, di mana rel kerata berada di badan jalan utama kota.
  5. Simpang Susun Semanggi, menjadi salah satu ikon Jakarta. Simpang susun Semanggi merupakan Jalan Layang Non Tol (JLNT) pertama di Indonesia yang memakai bentang terpanjang di atas jalan tol dalam kota Jakarta secara full precast melengkung (hiperbolik).

Nah, yang mana yang akan kalian kunjungi lebih dahulu? (man)

Loading...