free page hit counter

PBB Apresiasi Penerapan Protokol CHSE Sektor Parekraf di Indonesia

Loading...

Suarasiberdotcom – Badan PBB untuk pariwisata, UN World Tourism Organization (UNWTO) memberikan apresiasinya terjadap penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE.

Apresiasi ini diungkapkan perwakilan UNWTO dalam seminar bertajuk Capacuty Buliding Workshop on Restarting International Tourism in Bali pada 7 – 8 Desember 2020.

Seminar ini diselenggarakan secara hybrid (offline dan online) melibatkan lebih dari 30 pelaku sektor pariwisata. Sementara 150 peserta hadir secara daring.

Dikutip suarasiber dari Instagram Kemenparekraf, Kamis (10/12/2020) seminar ini merupakan kerja sama pemerintah RI dan UNWTO.

Fokus membahas strategi pemerintah dalam upaya membuka kembali pariwisata meliputi perumusan kebijakan, prosedur, sarana dan prasarana kesehatan serta protokol keimigrasian di masa pandemi Covid-19.

Menparekraf Wishnutama pun mengemukakan gagasan mengenai rencana Indonesia untuk mencanangkan strategi menuju quality tourism, dengan dampak akan membuat para wisatawan menjadi lebih betah di destinasi, sehingga mempengaruhi PDB dan devisa yang juga akan meningkat.

Maka dari itu, sinergi dan kolaborasi antara Kemenparekraf dan UNWTO penting untuk membantu Indonesia lebih siap membangun quality tourism dan memulihkan kembali sektor pariwisata serta ekonomi kreatif.

Indonesia telah mengeluarkan panduan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) sebagai turunan dari protokol kesehatan yang diterbitkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serta kementerian/lembaga lain.

Protokol juga mengadopsi peraturan yang dikeluarkan organisasi dunia seperti UNWTO. (mat)

Loading...