free page hit counter

Rahma Imbau Warga Tanjungpinang Tidak Saling Berkunjung Pada Idul Fitri 1442 H

Loading...

Suarasiber.com – Sesuai edaran dari Gubernur Kepri, Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma SIP mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan kontak fisik pada Idul Fitri 1442 H nanti.

“Kepada camat dan lurah untuk mengimbau serta pemahaman kepada warga untuk tidak mudik, tidak melaksanakan open house dan tidak melakukan kontak fisik dengan kunjungan ke rumah selama Idul Fitri sesuai dengan edaran Gubernur Kepri,” demikian disampaikan Rahma saat Rapat Koordinasi (Rakor) Camat dan Lurah se-Kota Tanjungpinang di Aula Kelurahan Tanjungpinang Barat, Kamis (6/5/2021).

Kasus positif Covid-19 selama dua bulan terakhir menunjukkan kecenderungan naik. Wali Kota mengapresiasi inovasi bawahannya untuk membantu mencegah penyebaran corona lebih meluas.

Rahma juga mengajak untuk mengasah kepekaan. Ia mencontohkan, dengan banyaknya warga terpapar corona dan isolasi mandiri di rumah.

“Camat, Lurah, RT, RW dan masyarakat sekitar dapat membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makanan dan kebutuhan pokok, untuk itu kita harus lebih peka dengan mereka,” ungkap Rahma.

Rahma pun meminta Kampung Tangguh dipotimalkan. Karena kampung ini memang disiapkan sebagai langkah dan upaya untuk mengedukasi dalam menekan penyebaran konfirmasi kasus Covid-19.

Untuk menghindari munculnya klaster baru, selama bulan Ramadan dan jelang Idul Fitri Pemkot dan TNI/Polri terus memantau rumah ibadah, tempat makan atau sejenisnya yang masih belum patuh menerapkan protokol kesehatan.

Rahma secara lugas memerintahkan camat, lurah dan RT/RW lebih sering meninjau dan lakukan pengawasan ke rumah ibadah, pertokoan, kedai kopi, rumah makan dan bazar Ramadan.

“Cek kelengkapan prokesnya, bila tidak lengkap berikan teguran lisan, apalagi jelang Idul Fitri ini harus lebih sering kita tinjau dan awasi bersama,” katanya.

Mengikuti edaran Gubernur Kepri, sebagai Wali Kota, Rahma mengaku tidak gentar menghadapi Covid-19 dengan dukungan semua elemen masyarakat.

Dalam Rakor tersebut, Rahma didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. H. Tamrin Dahlan, M.Si, Kepala Satpol PP Kota Tanjungpinang, DR. H. Ahmad Yani, Kepala Disperdagin, DR. H. Atmadinata, M.Pd, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, dr. Nugraheni, MPH, Kepala BPBD Kota Tanjungpinang, Dedy Syufri Yusja, S.Sos, MM. (mat)

Loading...