Zakat ASN Pemkot Tanjungpinang, Bantu Sembako hingga Bedah Rumah

Loading...

Suarasiber.com – Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma SIP yang melaunching Program Sebutir Beras Segenggam Kasih Sayang memanfaatkan zakat ASN yang dibayarkan ke Baznas setempat.

“Bantuan yang disalurkan ini bukan bersumber dari APBD, melainkan dari penghasilan ASN yang bersedia menyisihkan penghasilan yang didapat setiap bulannya sebesar 2,5 persen,” ujarnya di Masjid Al Buchori, Sei Ladi, Kecamatan Tanjungpinang Kota, belum lama ini.

Dari zakat tersebut, disalurkan per bulan melalui kegiatan Jumat Berkah. Mereka yang diutamakan menerima ialah 8 golongan penerima zakat (asnaf).

Rahma menambahkan untuk bantuan RTLH juga dapat dibantu dengan melengkapi syarat-syaratnya dan melaporkan ke lurah.
Bukan hanya sembako, bantuan ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki rumah warga yang tak layak lagi.

“Melalui zakat ASN, hal-hal seperti itu dapat ditanggulangi secara cepat. Kami akan memfasilitasi dan menanggulanginya terlebih dahulu,” tambahnya.

Rahma berterima kasih kepada ASN Pemko Tanjungpinang yang telah menyisihkan penghasilannya untuk zakat profesi yang disalurkan melalui Baznas Kota Tanjungpinang.

Pada Jumat Berkah kemarin, lokasi yang disasar ialah Masjid Al Buchori Sei Ladi, Masjid Khadijah Nurul Haq Jalan Abdul Rahim Kampung Bugis, Masjid Al Mujahidin Jalan Daeng Salili Kampung Bugis, Masjid Al Kautsar Jalan Sei Terusan Kampung Bugis.

Rahma juga menyerahkan bantuan sebesar Rp20 juta dan dari Baznas sebesar Rp10 juta untuk pembangunan masjid Hidayatullah Islamiyah Kampung Madong.

Sementara itu Kepala Baznas Kota Tanjungpinang Muqtaffin Trengganu menyampaikan, dengan dana zakat Baznas Kota Tanjungpinang bisa menjadi wasilah untuk menyampaikan kepada mustahiq.

Ia pun berterima kasih kepada Wali Kota Rahma atas ide kegiatan ini. Juga kepada ASN atas kesadarannya membayar zakat profesi.

“Karena sesungguhnya memberi akan memberikan kebagiaan bagi yang menerima,” ungkapnya. (mat)

Loading...